Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Kisah Nabi Sulaiman as. Ingin Memberi Makan Seluruh Makhluk Hidup di Laut

Saat Nabi Sulaiman Ingin Beri Makan Semua Makhluk Hidup
Kisah Nabi Sulaiman as. Ingin Memberi Makan Seluruh Makhluk Hidup di Laut
Kisah Nabi Sulaiman as. Ingin Memberi Makan Seluruh Makhluk Hidup di Laut

Dikisahkan bahwa Nabi Sulaiman alaihis salam dianugerahi Alloh berupa kekayaan yang melimpah. Tiap hari dapur kerajaan Nabi Sulaiman memasak daging dari 4.000 unta, 5.000 sapi, dan 6.000 kambing. Makanan itu dibagikan kepada rakyat dan anggota kerajaan.

Karena memiliki hati sangat pemurah, Nabi Sulaiman pernah memohon kepada Allah SWT untuk mengizinkannya memberi makan semua makhluk hidup di Bumi. Namun Allah tidak langsung mengabulkan doa Nabi Sulaiman dan menjawab, "Sungguh, engkau (Nabi Sulaiman) tidak akan mampu."

Namun, Nabi Sulaiman tidak menyerah begitu saja. Ia kembali mengajukan permohonan itu kepada Allah. Akhirnya, Allah mengabulkan doa Nabi Sulaiman untuk memberi makan seluruh makhluk hidup di dunia ini. Setelah itu, mulailah Nabi Sulaiman memerintahkan para pasukannya, mulai dari manusia hingga jin, untuk memberi tahu kepada seluruh makhluk hidup di Bumi untuk menghadiri undangan jamuan makannya.

Baca juga: Kisah Abdullah bin Jakfar Kagumi Budak Beri Makan Anjing Kelaparan

Menurut cerita, makanan yang disajikan Nabi Sulaiman memiliki panjang setara dengan satu bulan perjalanan. Begitu pun dengan lebarnya. Lalu Allah bertanya kepada Nabi Sulaiman, "Makhluk manakah yang akan memulai (memakan hidangan yang kamu sediakan)?" Nabi Sulaiman menjawab, "Mereka yang ada di darat dan di laut."

Kemudian dengan kekuasan-Nya, Allah memerintahkan satu makhluk besar dari golongan ikan untuk pertama kali menyantap makanan yang disajikan Nabi Sulaiman. Alangkah terkejutnya Nabi Sulaiman ketika melihat satu ikan besar melahap semua hidangan yang sudah disediakannya. Ikan itu kemudian berkata, "Hai Sulaiman, kenyangkanlah perutku, kini aku masih merasa lapar."

Baca juga: Cerita Perjalanan Nabi Isa dengan Seorang Pemuda yang Berkhianat

Seketika itu pula, Nabi Sulaiman langsung bersujud sambil menangis kepada Allah memohon ampunan karena merasa sombong dan merasa mampu memberi makan semua makhluk hidup. Satu ikan saja ternyata masih belum cukup.

Hikmah dari kisah Nabi Sulaiman itu ialah Allah benar-benar Maha Kaya dan tidak ada yang bisa menandingi kekayaan Allah SWT. Bahkan, kekayaan Nabi Sulaiman saja tidak sanggup untuk membuat kenyang satu ikan pun yang merupakan makhluk ciptaan Allah.

Baca juga: Doa Minta Rezeki Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa


Cerita inspiratif itu dikutip dari Kitab Durrotun Naashihiin Fii Al-Wa'izhin Wa Al-Irsyad karya Syekh 'Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakir Al-Khowbawiy sebagaimana dilansir @duniaagama di Instagram. Wallahu a'lam.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Kisah Nabi Sulaiman as. Ingin Memberi Makan Seluruh Makhluk Hidup di Laut, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman Adalah Guru Terbaik. Maka, Kita Pasti Bisa Kalau Kita Terbiasa. Bukan Karena Kita Luar Biasa. Setinggi Apa Belajar Kita, Tidahlah Menjadi Jaminan Kepuasan Jiwa, Akan Tetapi Yang Paling Utama Adalah Seberapa Besar Kita Bermanfaat Untuk Sesama.