Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Pentingnya Membaca Doa Memotong atau Menyembelih Hewan

Pentingnya Membaca Do'a Saat Memotong atau Menyembelih Hewan seperti Ayam, Kambing, Sapi, Unta dll.
Pentingnya Membaca Doa Memotong atau Menyembelih Hewan

Membaca doa pada saat memotong hewan adalah hal yang sangat dianjurkan. Adapun beberapa hal mengapa menjadi penting adalah sebagai berikut:


Sebagai Adab Kepada Allah

Adab kepada Allah tentu sangat perlu dilakukan dengan serius. Pada manusia saja kita beradab, apalagi kepada Allah. Tentu hal ini menjadi lebih penting dan juga harus sangat diperhatikan dengan baik.

Salah satu adab kepada Allah dalam kasus ini adalah dengan membawa nama Allah pada nikmat ini. Yaitu nikmat dengan ibadah menyembelih hewan. Tentu saja ini suatu nikmat.

Maka pastikan agar membaca doa sebelum memotong hewan.


Sebagai Syukur Atas Nikmat Hewan

Nikmat dalam menyembelih juga dibarengi dengan nikmat karena hewan itu sendiri. Yaitu karena hewan ini merupakan salah satu harta yang dititipkan kepada kita atau kepada orang yang memiliki hewan tersebut.

Pantasnya kita mensyukuri nikmat ini dengan salah satunya adalah membaca doa ketika akan menyembelih hewan.


Melakukan Sunnah Baginda

Alasan berikutnya mengapa penting untuk membaca doa penyembelihan adalah karena mengikuti sunnah baginda. Tentu saja baginda adalah orang yang paling pantas untuk kita ikuti pada semua aspek kehidupannya.

Maka salah satu bukti mengikuti beliau adalah dalam membaca doa pemotongan hewan.


Doa Memotong Ayam untuk Menjamin Kehalalan

Seperti yang sudah dibahas tadi bahwa tidak boleh ada nama lain yang disebutkan selain nama Alah pada saat penyembelihan dilakukan

Karena penyebutan nama lain apalagi tuhan agama lain akan membuat penyembelihan tidak sah. Sehingga dalam doa memotong ayam atau hewan lainnya sangat perlu untuk diperhatikan hal semacam ini guna melakukan hal sesuai syariah semaksimal mungkin.


Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Pentingnya Membaca Doa Memotong atau Menyembelih Hewan, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.