Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Inilah Beberapa Sholat Sunnah Utama yang Sayang Apabila Dilewatkan

3 Sholat Sunnah yang Sangat Besar Manfaatnya
Sholat Sunnah yang Sangat Besar Manfaatnya
Sholat Sunnah yang Sangat Besar Manfaatnya

Mengerjakan sholat adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh seorang muslim. Tapi di samping shalat wajib 5 waktu, ada juga shalat – shalat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Dengan mengerjakan shalat sunnah ini, maka Anda bisa mendapatkan pahala yang lebih banyak. Apa sajakah shalat sunnah tersebut?

Sholat Sunnah Rowatib

Sholat sunnah rawatib adalah sholat sunnah yang mengiringi sholat lima waktu. Saat Anda mengerjakan shalat wajib, bisa saja ada hal – hal yang terlewat atau terlupakan. Dengan melaksanakan shalat rawatib, maka Anda bisa melengkapi kekurangan yang terdapat pada sholat wajib.

Selain itu, sholat sunnah rawatib merupakan sunnah yang diutamakan, karena Rasulullah senantiasa mengerjakannya. Tidak pernah sekalipun Rasulullah SAW meninggalkan shalat sunnah rawatib meskipun beliau sedang safar (bepergian jauh).


Dalam hadis riwayat muslim, Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan tentang keutamaan sholat sunnah rawatib, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang sholat dua belas rakaat pada siang dan malam, maka akan dibangunkan baginya rumah di syurga”. Ummu Habibah berkata, saya tidak pernah meninggalkan sholat sunnah rawatib semenjak saat itu.

Kapan dan bagaimana sholat sunnah rawatib dapat Anda kerjakan bisa Anda simaka dalamhadis riwayat Tirmidzi dan An-Nasa’I berikut ini:
“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barang siapa yang tidak meninggalkan dua belas (12) rakaat pada sholat sunnah rawatib, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surge, (yaitu): empat rakaat sebelum dzuhur dan dua rakaat sesudahnya, dan dua rakaat sesudah maghrib, dan dua rakaat sesudah isya’ dan dua rakaat sebelum subuh.”

Sholat sunnah sebelum subuh dikatakan sebagai sholat sunnah rawatib yang paling utama diantara yang lain. Mengenai hal itu ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan, dalam Hadis Riwayat Muslim,

Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Dua rakaat sebelum subuh lebih baik dari dunia dan seisinya”. Dalam riwayat yang lain, “Dua rakaat sebelum subuh lebih aku cintai daripada dunia dan seisinya.”

Sholat Sunnah Dhuha

Selain sholat sunnah rawatib, ada pula sholat dhuha. Anda dapat melaksanakan shalat Dhuha sejak saat matahari telah terbit hingga menjelang datangnya sholat dzuhur. Mengerjakan shalat dhuhaa juga bisa dilakukan dalam berbagai variasi rakaat. Dari mulai 2 rakaat hingga paling banyak 12 rakaat.

Shalat Dhuha juga memiliki beberapa keutamaan. Salah satunya adalah keutamaan pahalanya yang diibaratkan menyamai orang yang bersedekah dengan seluruh persendiannya. Selain itu, orang yang melaksanakan shalat Dhuha juga akan dicukupkan urusannya oleh Allah sampai dengan akhir siang.

Di samping itu, orang yang melaksanakan sholat dhuha juga termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali taat. Pahala sholat dhuha dikatakan sama dengan pahala haji dan umrah yang sempurna. Ditambah lagi, orang yang melaksanakan shalat dhuhaa dua belas rakaat dijanjikan akan di bangunkan rumah di syurga.

Janji ini dikutip dalam Hadis riwayat at-Thabrani, “Dan barang siapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.”

Sholat Malam

Berdasarkan kesepakatan ulama, sholat malam adalah sholat yang paling baik setelah sholat wajib. Hal ini berdasarkan firman Allah di dalam Al-Qur’an mengenai sholat malam yang banyak di sebutkan. Sholat malam yang paling baik adalah yang dilakukan pada sepertiga malam terakhir.

Selain itu, waktu shalat malam juga merupakan salah satu waktu dimana doa lebih mudah dikabulkan oleh Allah. Jika Anda memiliki banyak harapan ataupun masalah, berdoa di saat shalat malam juga menjadi salah satu waktu terbaik untuk mengadu pada Allah.

Nah, itulah 3 shalat sunnah utama yang paling sayang untuk Anda lewatkan. Apakah Anda sudah mulai melakukan shalat sunnah tersebut secara konsisten?

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Inilah Beberapa Sholat Sunnah Utama yang Sayang Apabila Dilewatkan, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.