Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Bacaan Serta Niat Sholat Sunah Arafah

Bacaan Serta Niat Sholat Sunah Arafah
Bacaan Serta Niat Sholat Sunah Arafah
Bacaan Serta Niat Sholat Sunah Arafah

Sholat Sunnah Arofah adalah sholat sunah yang dikerjakan pada tanggal 9 bulan Dzulhijjah dan waktunya diantara sholat Dzuhur dan Ashar sebanyak empat roka’at dua salaman.

Dasar Dalil Hadits

عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "مَنْ صَلَّى يَوْمَ عَرَفَةَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ يَقْرَأُ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ مَرَّةً وَقُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ ..إلخ خَمْسِيْنَ مَرَّةً كَتَبَ لَهُ اَلْفَ اَلْفَ حَسَنَةٍ وَرَفَعَ لَهُ بِكُلِّ حَرْفٍ فِى الْقُرْأَنِ دَرَجَةً فِى الْجَنَّةِ مَا بَيْنَ كُلِّ دَرَجَتَيْنِ مَسِيْرَةُ خَمْسِمِائَةِ عَامٍ وَيُزَوِّجُهُ اللهُ بِكُلِّ حَرْفٍ فِى الْقُرْأَنِ سَبْعِيْنَ حَوْرَاءَ.

Diriwayatkan dari Sahabat Abu Hurairoh ra, bahwa Rosululloh Saw bersabda : “Barangsiapa mengerjakan sholat sunnah di hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) pada waktu diantara Dzuhur dan Ashar sebanyak 4 roka’at (dua salaman) yang setiap roka’at dia membaca surat Al-Fatihah 1x dan surat al-Ikhlas sebanyak 50x, maka Alloh SWT akan mengaruniakan sebanyak sejuta kebaikan baginya dan Alloh SWT akan mengangkat derajatnya pada setiap huruf al-Qur’an yang ia baca, yang setiap jarak diantara derajat satu dengan yang lain berjarak sepanjang perjalanan 500 tahun, dan Alloh SWT akan menghadiahkan dari setiap huruf al-Qur’an yang ia baca dengan bidadari di Surga”.


Waktu Pelaksanaan

Dilihat dari sumber hadits di atas, maka waktu pelaksanaan Sholat Arofah yaitu pada tanggal 9 Dhulhijjah setelah Sholat Dhuhur sebelum waktu Asar.


Niat Sholat Arafah

أُصَلِّى سُنَّةً لِيَوْمِ عَرَفَةَ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا/ إِمَامًا للهِ تَعَالَى


Tatacara Sholat Arofah

Sholat Sunnah Arofah dilaksanakan sebanyak 4 roka'at dengan 2x salam. Pada setiap roka'atnya setelah membaca Surat Al-Fatihah, membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 50x.


Wirid Setelah Sholat Arafah

Membaca Tahlil (41/100x)

لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ٤١ \ ١٠٠ ×

Membaca Sholawat (41/100x)

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى اَلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ ٤١ \ ١٠٠ ×

Membaca Surat Al-Ikhlas (41/100x)

سُوْرَةُ الْإِخْلَاصْ ٤١ \ ١٠٠ ×

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Bacaan Serta Niat Sholat Sunah Arafah, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.