Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari Bergabung

Sejarah Nisfu Syaban dan Peringatan Nisfy Syaban

Sejarah Nisfu Sya'ban dan Peringatan Nisfy Sya'ban
Sejarah Nisfu Syaban dan Peringatan Nisfy Syaban

Nisfu Syaban : Secara Harfiyah nisfu adalah Pertengahan (tengah) Sya'ban adalah Bulan ke delapan dalam kalender Hijriyah yaitu Bulan Sya'ban jadi secara umum berarti Pertengahan Bulan Sya'ban.

Peringatan Nisfu Sya'ban tidak hanya dilakukan di Indonesia saja. Al-Azhar sebagai yayasan pendidikan tertua di Mesir bahkan di seluruh dunia selalu memperingati malam yang sangat mulia ini. Hal ini karena diyakini pada malam tersebut Allah akan memberikan keputusan tentang nasib seseorang selama setahun ke depan.

Mengapa pada malam Nisfu Sya'ban ini selalu dilakukan peringatan,Apa dasar hukumnya ?

Pertanyaan yang bagus sekali dan sangat mendasar, jadi kesimpulannya adalah Melakukan Amalan Ibadah pada malam Nisfu sya`ban merupakan hal yang dianjurkan dalam Syariat Rasulullah SAW sebagaimana yang dilakukan oleh kebanyakan orang Indonesia mulai dari baca surah yaasin bersama selama tiga kali berturut-turut atau melakukan shalat sunah berjamaah dimasjid dan amaliah-amaliah lainnya. karena tidak ada hal yang jelek dalam hal melakukannya bahkan bisa menjadikan Tolabul Ilmi dan berbuat amalan yang baik.

Keutamaan malam nisfu Sya'ban diterangkan secara jelas dalam kitab Ihya' Ulumuddin karangan Imam Al-Ghazali.

Kalau kita kaji dari sisi hadits mengenai keutamaan bulan Sya`ban para pakar hadits berbeda pendapat dalam masalah ini, sebagian pakar hadits seperti Imam Turmudzi, Imam Ibnu Khuzaimah, Alhaitsami, Imam Baihaqi mereka mengatakan : bahwa hadits yang dijadikan landasan sangat kuat sekali bahkan Ibnu Khuzaimah mengatakan shahih. Sebagian ulama lain mengatakan haditsnya sangat lemah.

Kemudian setiap pakar hadits mempunyai ketentuan dalam penilaian sesuai dengan ijtihad mereka dan setiap mujtahid tidak mewajibkan mujtahid lain untuk mengikuti pendapatnya serta tidak boleh mencaci maki atau menghukumi ahli bid`ah sebagaimana yang dikatatan oleh para Ulama (ู„ุง ุฅู†ูƒุงุฑ ููŠ ู…ุณุงุฆู„ ุงู„ุฎู„ุงู) tidak boleh mengingkari sesuatu yang masuk katagori perbedaan pendapat.

Ini yang dipraktekkan para sahabat-sahabat Rosulallah dan para Tabiin. Bahkan Ibnu Taymiyyah Dalam Fatwanya memberikan komentar dalam hal ini serta mengingatkan kepada umat islam agar tidak mengingkari masalah ini.

Dari sisi lain kita di perbolehkan mengamalkan hadits Dhoif dalam Fadhoil a`mal asalkan Tidak sampai pada derajat pemalsuan hadits dan ini menjadi kesepakatan para Ulama (Fathul Mughits, Al-Imam Asshohawi juz 1 hal 268. Tadribu Rowi juz 1 hal 196) ini kalau kita berangkat dari pendapat yang mengatakan dhoif.

Dalil Amaliyah di malam Nisfu Sya'ban

Adapun dalil-dalil yang berkaitan dengan amalan-amalan diatas itu berangkat dari Hadits yang menerangkan tentang keutamaan bulan sya`ban hususnya nisfu sya'ban ditambah dalil umum yang berkaitan dengan kumpul bersama, sebab tidak ada larangan seseorang untuk melakukan ibadah diwaktu tertentu apalagi disana ada anjuran dari rosulullah SAW untuk memperbanyak ibadah dibulan Sya'ban khususnya nisfu sya'ban sebagai mana yang dikatakan ibnu Taimiyyah:
ู‚ุงู„ ุงุจู† ุชูŠู…ูŠุฉ : ” ูˆุฃู…ุง ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ูู‚ุฏ ุฑูˆู‰ ููŠ ูุถู„ู‡ุง ุฃุญุงุฏูŠุซ ูˆุขุซุงุฑ ูˆู†ู‚ู„ ุนู† ุทุงุฆูุฉ ู…ู† ุงู„ุณู„ู ุฃู†ู‡ู… ูƒุงู†ูˆุง ูŠุตู„ูˆู† ููŠู‡ุง ูุตู„ุงุฉ ุงู„ุฑุฌู„ ููŠู‡ุง ูˆุญุฏู‡ ู‚ุฏ ุชู‚ุฏู…ู‡ ููŠู‡ ุณู„ู ูˆู„ู‡ ููŠู‡ ุญุฌุฉ ูู„ุง ูŠู†ูƒุฑ ู…ุซู„ ู‡ุฐุง ูˆุฃู…ุง ุงู„ุตู„ุงุฉ ููŠู‡ุง ุฌู…ุงุนุฉ ูู‡ุฐุง ู…ุจู†ูŠ ุนู„ู‰ ู‚ุงุนุฏุฉ ุนุงู…ุฉ ููŠ ุงู„ุงุฌุชู…ุงุน ุนู„ู‰ ุงู„ุทุงุนุงุช ูˆุงู„ุนุจุงุฏุงุช “( ุงุจู† ุชูŠู…ูŠุฉ ،ู…ุฌู…ูˆุน ุงู„ูุชุงูˆู‰ ، ุฌ 23 ุต 132
Adapun malam Nisfu sya`ban banyak Hadits dan perkataan para sahabat, tabiin yang menjelaskan keutamaannya bahkan para salaf melakukan shalat pada malam tersebut dan melakukan shalat dengan sendiri itu telah dilakukan oleh salaf, makanya tidak boleh diingkari sedangkan shalat berjamaah itu masuk kaidah umum yaitu melaksanakan amal ibadah bersama-sama.

Membaca Surat Yasin

Membaca yasin selama tiga kali itu masuk katagori tawassul sebagimana yang dilakukan oleh tiga orang disaat tertutup dalam goa lalu bertawasull kepada Allah dengan amal baiknya ahirnya Allah pun menyelamatkan mereka, hadits ini disebutkan oleh Imam Bukhori dalam Shohinya, yang jelas para ulama sepakat bahwa seseorang diperbolehkan untuk bertawssul kepada Allah  dengan amal baiknya sebab melarang seseorang bertawssul dengan membaca surat yasin itu sama dengan mengingkari hadits yang diriwayatkan Imam Bukhori diatas.

Sikap Para Ulama

Meramaikan malam nisfu sya'ban dengan ibadah itu telah disepakati para Madzhab Empat yaitu Madhab Hanafi, Maliki, Syafii, Hambali. Adapun secara terperinci sbb:
  1. Ibnu Abidin Al hanafi dalam kitab : Hasyiah Roddul Muhtar Juz 2 hal 25 begitu juga Ibnu Najem Alhanafi dalam kitab Bahru Roiq juz 2 hal 56.
  2. Imam Dasyuqi Almaliki dalam Kitab Assyrhul kabir juz 1 Hal 399.
  3. Imam Syafii Dalam Kitab Umm juz 2 hal 264, Alkhatib Syirbini dalm Mughni Muhataj juz 1 hal 591.
  4. IbnuTaimiyyah Alhambali dalam Kitab Majmu' Fatawa juz 23 hal 132 begitu juga Ibnu Rajab Al hambali dalam Kitab Lathiful Ma'arif hal 263 dll.
Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utam…

Posting Komentar

Pergunakanlah kecerdasan anda saat berkomentar, dan tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, menuliskan link aktif yang tidak sesuai topik yang kami posting akan langsung kami hapus atau kami anggap sebagai spam.
Masukkan URL Gambar atau URL Video atau Potongan Kode atau Quote lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image video quote pre code