Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyyah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyyah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun - Sebagai umat Islam tentunya kita sudah mengetahui bahwa penanggalan tahun Hijriyah dan Masehi itu berbeda, tahun Hijriyah diawali pada tanggal 1 Muharram dan diakhiri pada tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah. sedangkan tahun Masehi diawali pada tanggal 1 Januari dan diakhiri pada tanggal 31 Desember. Kalender Hijriyah juga digunakan oleh negara yang masyarakatnya mayoritas muslim seperti di indonesia.

Perhitungan kalender Hijriyah dan Masehi mempunyai sistem yang berbeda, Kalender Hijriyah menggunakan peredaran Bulan (Qomariyah) sebagai acuannya sedangkan kalender Masehi menggunakan peredaran Matahari. penetapan sebuah hari pada kalender Hijriyah yaitu dimulai saat terbenamnya matahari sedangkan Masehi diawali pada pertengahan malam hari yaitu pukul 00 : 00.

Sebentar Lagi Kita akan menyambut Tahun Baru Islam, Sebelum itu ada baiknya Jika pada Tahun baru Islam kita membaca doa akhir tahun dan awal tahun yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Namun sebelum itu, saya ingin mengenalkan dahulu dan melihat kebelakang tentang sejarah Tahun Hijriah.


Sejarah Tahun Hijriah

Bulan Muharram bagi umat Islam dipahami sebagai bulan Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke kota Madinah 14 abad silam, yang sebelumnya bernama Yastrib.

Sebenarnya kejadian hijrah Rasulullah tersebut terjadi pada malam tanggal 27 Shafar dan sampai di Yastrib (Madinah) pada tanggal 12 Rabiul awal. Adapun pemahaman bulan Muharram sebagai bulan Hijrah Nabi, karena bulan Muharram adalah bulan yang pertama dalam kalender Qamariyah yang oleh Umar bin Khattab, yang ketika itu beliau sebagai khalifah kedua sesudah Abu Bakar, dijadikan titik awal mula kalender bagi umat Islam dengan diberi nama Tahun Hijriah.

Penetapan kalender Hijriyah pertama kali dilakukan pada masa Khalifah Umar bin Khatab ra, yang menetapkan peristiwa Hijrahnya Rasulullah Saw dari Mekah ke Madinah. dalam musyawarah Khalifah Umar bin Khatab ra dan para sahabat, muncul beberapa usulan mengenai patokan awal tahun. Ada yang mengusulkan penanggalan dimulai dari tahun diutusnya Nabi Muhammad Saw.

Sebagian lagi mengusulkan supaya penanggalan dibuat sesuai dengan kalender Romawi, yang awal hitungan penanggalan dimulai dari masa raja Iskandar (Alexander). yang lain mengusulkan, dimulai dari tahun hijrahnya Nabi Muhammad Saw ke kota Madinah. Usulan ini disampaikan oleh sahabat Ali bin Abi Thalib ra. Hati Umar bin Khatab ra ternyata condong kepada usulan kedua ini.

Pada pergantian tahun Hijriyah umat Islam mengisi pergantian tahun dengan memanjatkan doa baik pada akhir tahun maupun pada awal tahun Hijriyah. Karena akhir tahun merupakan momentum untuk introspeksi diri mengenai hal yang berkaitan dengan kebaikan maupun keburukan pada diri kita, tidak lepas dari kekurangan, oleh karena itu, alangkah baiknya penutup tahun diisi dengan doa sebagai bentuk kepasrahan kepada Allah Swt.

Begitu juga awal tahun yang merupakan harapan baru di sinilah doa berperan penting dalam mengarahkan harapan kita kepada Allah Swt. Ada baiknya kita mengajukan permohonan kepada-Nya. karena banyak harapan yang akan kita mohon kepada Allah seperti memohon rahmat, lindungan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, wafat dengan husnul khatimah, dan lain sebagainya.

Para shalihin mengajarkan kita untuk berdoa ketika menjelang pergantian tahun. Dan dibawah ini adalah doa akhir tahun dan awal tahun yang lafadznya cukup terkenal karena banyak terdapat di buku-buku doa.

Berikut ini adalah lafadz doa Akhir tahun dan awal tahun lengkap beserta artinya.


Doa Akhir Tahun

Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah Lengkap Dengan Artinya

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هٰذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِيْ عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلٰى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَاءَتِيْ عَلٰى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّيْ اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ بِا الثَّوَابَ فَأَسْأَلُكَ اَللّٰهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّيْ وَلاَ تَقْطَعْ رَجَاىِٔيْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ .وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Wa shallallaahu 'ala sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa 'amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani 'anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta 'alayya ba'da qudratika 'alaa uquubati wa da'autani ilattaubati minhu ba'da jur'ati alaa ma'siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wamaa 'amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa'adtani 'alaihits-tsawaaba fas'alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha' rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihii wa sahbihii wa sallam.

"Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, laranglah apapun dari-Mu yang telah kulakukan pada tahun ini, sedang aku tidak bertaubat darinya, dan Engkau tidak meridhainya, tidak melupakannya dan Engkau bersikap penyantun kepadaku padahal engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau telah menyeruku untuk bertaubat sesudah aku berani berbuat durhaka kepada -Mu, maka sesungguhnya sekarang aku memohon ampun kepada Engkau, ampunilah aku. Dan hal-hal apapun yang Engkau ridhai yang telah kulakukan pada tahun ini, dan telah Engkau janjikan pahalanya kepadaku, maka aku memohon kepada Engkau, Ya Allah, wahai yang Mahamulia, wahai yang memiliki kebesaran dan kemuliaan, sudilah Engkau menerimanya, dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu wahai Yang Mahamulia. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam-Nya kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw juga pada keluarga dan para sahabatnya."

Baca juga : Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap Dalam Bahasa Arab Latin dan Artinya

Doa akhir tahun diatas dianjurkan untuk dibaca sebanyak 3 kali yaitu pada akhir waktu Ashar pada hada hari ke 29 atau 30 bulan Dzulhijjah. Barang siapa yang membaca doa ini pada waktu tersebut, maka berkatalah setan, " Celakalah bagiku, dan sia-sialah segala upayaku untuk menggoda anak adam selama satu tahun, hal ini terhapuskan olehnya hanya dalam sesaat. Karena doa ini, diampunilah dosanya selama satu tahun".


Sedangkan untuk doa awal tahun adalah sebagai berikut:

Doa Awal Tahun

doa awal tahun

وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .اَللّٰهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلٰى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَائِهِ وَجُنُوْدِهِ وَالْعَوْنَ عَلٰى هٰذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفٰى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ .وَصَلَى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wasallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa 'alaa fadhlikal-'azhimi wujuudikal-mu'awwali, wa haadza 'aamun jadidun qad aqbala ilaina nas'alukal 'ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa'ihi wa junuudihi wal'auna 'alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu'i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu 'alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'alaa 'aalihi wa shahbihii wa sallam.

"Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, Engkau yang Maha kekal. Maha terdahulu lagi Maha awal, dan berkat kemurahan-Mu yang besar serta karunia-Mu yang menjadi sumber (semuanya terjadi). Dan kini tahun baru telah tiba, pada tahun ini kami memohon kepada-Mu agar terpelihara dari godaan setan, para pendukungnya dan bala tentaranya, dan kami memohon agar terpelihara dari hawa nafsu kami yang selalu memerintahkan berbuat keburukan. Dan kami memohon semoga Engkau menjadikan diri kami disibukkan dengan hal-hal yang mendekatkan diri kami kepada Engkau dengan sedekat-dekatnya, wahai Tuhan yang memiliki kesabaran dan kemuliaan, wahai Tuhan yang maha Penyayang diantara para penyayang. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kami, tuan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya."

Doa Awal tahun diatas dianjurkan untuk dibaca sebanyak tiga kali setelah shalat maghrib pada malam tanggal satu bulan Muharram.barang siapa yang membacanya, maka setan berkata, "Anak adam ini telah beriman dan terbebas dari genggaman kekuasaanku, sedang umurnya hanya tinggal tahun ini. Allah telah menugaskan dua malaikat guna memelihara dirinya dari bisikan setan".


Demikianlah mengenai bacaan doa akhir tahun dan awal tahun beserta lengkap artinya. Semoga doa diatas bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiin!

Sumber :
http://listiamank.heck.in/menyambut-tahun-baru-hijriyah.xhtml

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyyah Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.