Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Ny. RA. Segati (Istri Pangeran Bayat) Putri Sunan Kudus, Pendiri Desa Tegalsari Kec. Garung Kab. Wonosobo

Desa Tegalsari Garung Wonosobo, Ternyata Didirikan oleh Keturunan Rosululloh SAW
Tegalsari adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Desa tersebut merupakan desa dengan basis warganya tergabung dalam Organisasi Islam Nahdlatul Ulama. Desa yang terletak di lereng Pegunungan Dieng ini secara geologis termasuk wilayah semburan magma. Terdapat dua mata air panas, mata air yang pertama bernama Pengamoman Lor dan Pengamuman Kidul. Pengamuman lor terbentuk secara alami, di sebuah area persawahan dan muncul disamping saluran utama sungai yang menuju Desa Tegalsari. Dari sudut agama, Desa Tegalsari merupakan desa dengan kultur keagamaan yang tinggi. Desa yang mayoritas penduduknya beragama Islam tersebut memiliki kultur keislam yang dekat dengan Walisongo.

Makam RA. Segati atau Sogati Istri Pangeran Bayat
Makam RA. Segati atau Sogati Istri Pangeran Bayat, panjangnya sekitar 5 meter

Sejarah Pendiri Desa Tegalsari

Warga Tegalsari Kecamatan Garung mempercayai RA. Segati istri Pangeran Bayat merupakan tokoh pendiri desa yang pertama kali menempati Desa Tegalsari.

Kala itu, sekitar abad ke 14-15 kawasan Tegalsari merupakan hutan belantara. Namun, kondisi lahan yang subur karena dekat dengan sumber perairan membuat RA. Segati bersama suami dan rombongan menempati kawasan tersebut.

RA. Segati adalah Putri Sunan Kudus, sedangkan Pangeran Bayat (makamnya di sebelah selatan Pom Bensin Krasak) adalah Putra dari Sunan Bayat (Klaten). Mereka melakukan perjalanan dari Kudus menuju Wonosobo dalam rangka berdakwah.

Keberadaan RA. Segati itu bisa dibuktikan langsung dengan makam kuno yang terletak di makam umum desa Tegalsari. Makam yang memiliki panjang sekitar 5 meter, lebih panjang dibanding makam-makam disekitarnya merupakan makam RA. Segati sang pendiri Desa Tegalsari.

“Makam yang panjangnya 5 meter tersebur merupakan pendiri desa Tegalsari yang bernama Sogati atau Segati. Beliau masih keturunan dari sunan kudus,” ungkap Kepala Desa Tegalsari, Sakdun disela-sela menunjukkan makam RA Segati, kemarin.

Pengaruh pendiri desa yang masih memiliki garis keturunan Sunan Kudus dan Sunan Bayat pun berdampak positif dalam hal keagamaan. Karena, desa tegalsari merupakan desa dengan kultur keagamaan yang tinggi. Desa yang mayoritas penduduknya beragama Islam tersebut memiliki kultur keislam yang dekat dengan Walisongo.

Silsilah RA. Nyai Segati Istri Pangeran Bayat

Berikut ini adalah silsilah pendiri Desa tegalsari kecamatan garung kabupaten wonosobo dengan beberapa desa kerabatnya. Silsilah selengkapnya adalah sebagai berikut.
  1. RA. Segati / Istri Pangeran Bayat, Tegalsari Garung Wonosobo, binti
  2. Sunan Kudus, ibni
  3. Syarifah (istri Sunan Ngudung atau H. Raden Usman), adik Sunan Bonang, binti
  4. Sunan Ampel atau Raden Rahmat, ibni
  5. Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim, ibni
  6. Syekh Jumadil Kubro, Pondok Dukuh Semarang, ibni
  7. Ahmad Syah Jalal (Jalaluddin Khan), ibni
  8. Abdullah (al - Azhamat) Khan, ibni
  9. Abdul Malik (Ahmad Khan), ibni
  10. Alwi Ammi al - Faqih , ibni
  11. Muhammad Shahib Mirbath, ibni
  12. Ali Khali' Qasam, ibni
  13. Alwi ats - Tsani, ibni
  14. Muhammad Sahibus Saumiah, ibni
  15. Alwi Awwal, ibni
  16. Ubaidullah, ibni
  17. Ahmad al - Muhajir, ibni
  18. Isa ar - Rummi, ibni
  19. Muhammad al - Naqib, ibni
  20. Ali al - Uraidhi, ibni
  21. Ja'far ash - Shadiq, ibni
  22. Muhammad al - Baqir, ibni
  23. Ali Zainal Abidin, ibni
  24. Husein, ibni
  25. Sayyidatina Fatimah, Ra, ibni
  26. Rosulullah Muhammad S. A. W

Mohon maaf apabila artikel ini tidak sesuai dengan pemahaman pembaca, besar harapan kami apabila pembaca lebih tahu dan lebih paham tentang artikel ini, untuk bisa meluruskan sejarah baik asal usul maupun silsilahnya.

Sumber :
  1. http://p2k.unkris.ac.id/id3/2-3065-2962/Tegalsari-Garung-Wonosobo_69837_p2k-unkris.html
  2. https://www.harianjateng.com/read/2015/06/13/segati-pangeran-bayat-dipercaya-pendiri-tegalsari
  3. https://tegalsari-garung.wonosobokab.go.id/postings/details/1030407/Sejarah_Desa.HTML

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Ny. RA. Segati (Istri Pangeran Bayat) Putri Sunan Kudus, Pendiri Desa Tegalsari Kec. Garung Kab. Wonosobo, jangan lupa IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.