Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Tata Cara Berdoa Menurut Rasulullah

Tata Cara Berdo'a Menurut Rasulullah agar doa cepat terkabul
Tata Cara Berdo'a Menurut Rasulullah


Tata Cara Berdo'a Menurut Rasulullah adalah hal yang patut diikuti oleh umat islam. Sebab berdoa merupakan sebuah bentuk ketergantugan manusia akan keagungan Allah. Manusia tidak mempunyai kuasa apapun, semuanya ada atas kehendak Allah SWT. Maka dari itu, dalam berdoa harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Berdoa tak boleh dilakukan dengan sembarangan. Seperti dengan berkata kasar, memaki-maki, dan lain sebagainya. Apalagi doa yang akan dipanjatkan ini menjadi sarana komunikasi langsung dengan tuhan. Untuk itu, sebagai seorang hamba, adab dalam berdoa harus dijunjung tinggi, sebagaimana rasulullah dalam memanjatkan doa.

Dalam berbagai riwayat disebutkan, Rasulullah SAW tak pernah putus dalam berdoa, terutama untuk kebaikan umatnya. Setiap mengucapkan doa, beliau selalu mengedepankan akhlakul karimah yang luar biasa. Diharapkan, dengan mengikuti Tata Cara Berdo'a Menurut Rasulullah, insyaallah semua hajat yang dimohonkan dapat segera terkabul. Tentu hal ini menjadi keinginan semua orang di dunia ini.

Berikut ini merupakan Tata Cara Berdo'a Menurut Rasulullah agar doa cepat terkabul

Menghadap kiblat

Hal ini berdasarkan sebuah hadis "Rasulullah datang ketempat wuquf diArafah dan ia menghadap kiblat lalu terus menerus berdo'a sehingga tenggelam matahari"

Membaca hamdalah atau pujian, Istighfar dan Shalawat

Salah seorang Sahabat Nabi berkata : "Ketika Nabi Muhammad saw duduk dimesjid, tiba-tiba datang seorang laki-laki masuk, lalu ia shalat. Setelah selesai ia membaca doa,'Allahummaghfirlii warhamnii'. Maka waktu itu Rasulullah pun berkata, wahai kawan, engkau terburu-buru. Jika Engkau shalat, duduklah dahulu kemudian bacalah pujipujian kepada Allah. Karena dia yang memiliki pujian itu, lalu Engkau baca shalawat kepadaku kemudian baru berdo'a .Kemudian datang seorang yang lain setelah shalat ia memuji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad saw. dan setelah itu Nabi bersabda, Berdo'alah akan dipenuhi."

Dengan suara lembut dan rasa takut.

Firman Allah SWT yang berbunyi, "Berserulah (Berdo'a) kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orangorang yang melampaui batas. Dan janganlah engkau berbuat kerusakan dibumi sesudah (Allah SWT ) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak diterima) dan harap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (Q.S. Al A'raf : 55-56)

Yakin akan dipenuhi

Didalam berdoa kita harus yakin dan berprasangka baik kepada Allah, seperti hadis berikut ini :  Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla berfirman : Aku akan mengikuti prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya apa bila ia berdoa kepada-Ku"

Mari kita semua ikuti Tata Cara Berdo'a Menurut Rasulullah tersebut. Supaya semua hajat kita dapat segera dikabulkan oleh Allah SWT. Amiin.

Sumber: Kumpulan Doa Sehari-hari

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Tata Cara Berdoa Menurut Rasulullah, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.