Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Keutamaan untuk Memperbanyak Istighfar (Taubat) di Waktu Sahur

Keutamaan untuk Memperbanyak Istighfar (Taubat) di Waktu Sahur
Keutamaan untuk Memperbanyak Istighfar (Taubat) di Waktu Sahur

Allah berfirman, menceritakan tentang sifat ahli surga: "Merekalah orang-orang yang penyabar, jujur, tunduk, rajin berinfak dan rajin istighfar di waktu sahur." (Ali Imran [3]: 17). Ibnu Katsir mengatakan: Ayat ini menunjukkan keutamaan memperbanyak istighfar di waktu sahur.

Dalil Beristighfar (Taubat) di Waktu Sahur


Diriwayatkan, bahwa Nabi Ya'qub 'alaihis salam ketika menasehati anaknya:

"Saya akan memohonkan ampun kepada Rabku untuk kalian." (Yusuf [12]: 98). Kemudian Nabi Ya'qub mengakhirkan permohonan ampun itu di waktu sahur. [1]


Anjuran untuk memperbanyak istighfar di waktu sahur juga selaras dengan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang turunnya Allah ke langit dunia:


"Pada setiap malam, Allah ta'ala turun ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: "Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Dan siapa yang memohon ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni." [2]

Untuk itu, kaum muslimin pembaca yang budiman, jangan sia-siakan kesempatan besar ini. Allah telah menawarkan diri-Nya kepada para hamba-Nya untuk memberikan ampunan kepada siapa yang memohon ampun kepada-Nya di waktu sahur.

Sungguh sangat disayangkan jika kesempatan ini hanya kita habiskan untuk menyantap makanan atau nonton televisi. Lebih-lebih menghabiskan satu bulir rokok yang memakan waktu cukup lama. Padahal kita sendiri hanya mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak. Sekali lagi, gunakan sisa waktu anda setelah sahur untuk banyak memohon ampunan kepada Allah. Semoga Allah mengampuni setiap kelancangan yang kita lakukan.

Lafal Istighfar di Waktu Sahur

Anda bisa membaca istighfar dengan lafal-lafal yang anda ketahui, selama tidak berlebihan dan tidak menyimpang dari aturan syariah, karena sebenarnya tidak ada lafal khusus untuk istighfar di waktu sahur.

[1] Tafsir Ibn Katsir, 2/23.
[2] HR. Bukhari 1145 dan Muslim 758.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Keutamaan untuk Memperbanyak Istighfar (Taubat) di Waktu Sahur, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.