Ikutilah Program Tadarus Grup WhatsApp PTS, periode setiap 15 hari. GABUNG

Keutamaan untuk Memperbanyak Istighfar (Taubat) di Waktu Sahur

Keutamaan untuk Memperbanyak Istighfar (Taubat) di Waktu Sahur
Keutamaan untuk Memperbanyak Istighfar (Taubat) di Waktu Sahur

Allah berfirman, menceritakan tentang sifat ahli surga: "Merekalah orang-orang yang penyabar, jujur, tunduk, rajin berinfak dan rajin istighfar di waktu sahur." (Ali Imran [3]: 17). Ibnu Katsir mengatakan: Ayat ini menunjukkan keutamaan memperbanyak istighfar di waktu sahur.

Dalil Beristighfar (Taubat) di Waktu Sahur


Diriwayatkan, bahwa Nabi Ya'qub 'alaihis salam ketika menasehati anaknya:

"Saya akan memohonkan ampun kepada Rabku untuk kalian." (Yusuf [12]: 98). Kemudian Nabi Ya'qub mengakhirkan permohonan ampun itu di waktu sahur. [1]


Anjuran untuk memperbanyak istighfar di waktu sahur juga selaras dengan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang turunnya Allah ke langit dunia:


"Pada setiap malam, Allah ta'ala turun ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: "Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Dan siapa yang memohon ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni." [2]

Untuk itu, kaum muslimin pembaca yang budiman, jangan sia-siakan kesempatan besar ini. Allah telah menawarkan diri-Nya kepada para hamba-Nya untuk memberikan ampunan kepada siapa yang memohon ampun kepada-Nya di waktu sahur.

Sungguh sangat disayangkan jika kesempatan ini hanya kita habiskan untuk menyantap makanan atau nonton televisi. Lebih-lebih menghabiskan satu bulir rokok yang memakan waktu cukup lama. Padahal kita sendiri hanya mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak. Sekali lagi, gunakan sisa waktu anda setelah sahur untuk banyak memohon ampunan kepada Allah. Semoga Allah mengampuni setiap kelancangan yang kita lakukan.

Lafal Istighfar di Waktu Sahur

Anda bisa membaca istighfar dengan lafal-lafal yang anda ketahui, selama tidak berlebihan dan tidak menyimpang dari aturan syariah, karena sebenarnya tidak ada lafal khusus untuk istighfar di waktu sahur.

[1] Tafsir Ibn Katsir, 2/23.
[2] HR. Bukhari 1145 dan Muslim 758.

Berikan tanggapan Anda tentang artikel ini

Artikel Terkait:

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Keutamaan untuk Memperbanyak Istighfar (Taubat) di Waktu Sahur, jangan lupa ikuti website kami dengan klik tombol ( + IKUTI ) pada menu samping kiri paling bawah agar mendapatkan notifikasi setiap kami update artikel terbaru dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Posting Komentar

Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Tidak ada internet!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Terdeteksi!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin adblocking di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin adblocking Anda.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.