Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari Bergabung

Qunut Witir Setelah Pertengahan Ramadhan

Qunut Witir Setelah Pertengahan Ramadhan
Qunut Witir Setelah Pertengahan Ramadhan

ALASAN QUNUT SHALAT WITIR SETELAH 15 RAMADHAN


Tentang Qunut di bulan Ramadhan...
Kenapa yang disunnahkan membaca Qunut pada tgl 15 akhir bulan Ramadlan dalam shalat sunnah Witir...?

Kenapa dari tgl 1 s/d 14 tidak di anjurkan... 

Bulan Ramadhan sudah separuh jalan. Tidak lama lagi Ramadhan pun akan meninggalkan kita. Mumpung masih di bulan Ramadhan, perbanyaklah ibadah. Menjelang separuh akhir Ramadhan, masyarakat membiasakan qunut di akhir shalat witir.

Membaca qunut pada akhir shalat witir bukanlah sesuatu yang baru. Kebiasaan ini sudah berlangsung cukup lama sejak masa sahabat sampai sekarang. Dikisahkan bahwa Ubay Ibn Ka’ab, Umar Ibn Khatab, dan beberapa sahabat lainnya membaca qunut di akhir shalat witir setelah separuh Ramadhan.

Sebab itu, Imam al-Nawawi dalam al-Adzkar menjelaskan:

 ูˆูŠุณุชุญุจ ุงู„ู‚ู†ูˆุช ุนู†ุฏู†ุง ููŠ ุงู„ู†ุตู ุงู„ุฃุฎูŠุฑ ู…ู† ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู† ููŠ ุงู„ุฑูƒุนุฉ ุงู„ุฃุฎูŠุฑุฉ ู…ู† ุงู„ูˆุชุฑ، ูˆู„ู†ุง ูˆุฌู‡: ุฃู† ูŠู‚ู†ุช ููŠู‡ุง ููŠ ุฌู…ูŠุน ุดู‡ุฑ ุฑู…ุถุงู†، ูˆูˆุฌู‡ ุซุงู„ุซ: ููŠ ุฌู…ูŠุน ุงู„ุณู†ุฉ، ูˆู‡ูˆ ู…ุฐู‡ุจُ ุฃุจูŠ ุญู†ูŠูุฉ، ูˆุงู„ู…ุนุฑูˆู ู…ู† ู…ุฐู‡ุจู†ุง ู‡ูˆ ุงู„ุฃูˆّู„ 
“Menurut kami, disunnahkan qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan. Ada juga dari kalangan kami (Syafi’iyyah) yang berpendapat, disunnah qunut di sepanjang Ramadhan. Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa disunnahkan qunut di seluruh shalat sunnah. Ini menurut Madzhab Abu Hanifah. Namun yang baik menurut madzhab kami adalah model yang pertama, yaitu qunut pada separuh akhir Ramadhan.” 

Dalam pandangan Imam al-Nawawi, disunnahkan qunut di akhir shalat witir pada separuh akhir Ramadhan. Meskipun menurut sebagian pendapat ada yang membolehkan qunut sepanjang Ramadhan, namun pendapat yang paling kuat dalam madzhab Syafi’i adalah qunut dikhususkan pada separuh akhir Ramadhan.

Baca : Bacaan Doa Qunut Lengkap 

Wallahu a’lam.
Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utam…

Posting Komentar

Pergunakanlah kecerdasan anda saat berkomentar, dan tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, menuliskan merek template selain merek template yang kami posting akan langsung kami hapus atau kami anggap sebagai spam
Masukkan URL Gambar atau URL Video YouTube atau Potongan Kode , atau Quote , lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image video quote pre code