Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari Bergabung

5 Waktu Tidur yang Dilarang dalam Islam

Hindari 5 Waktu Tidur yang Dilarang dalam Islam
5 Waktu Tidur yang Dilarang dalam Islam
Ilustrasi tidur

Tidur merupakan aktivitas yang dibutuhkan bagi tubuh setiap makhluk hidup. Rasulullah juga bersabda bahwa tubuh memiliki hak untuk beristirahat.

Tidur mampu membuat tubuh menjadi rileks dan tenang setelah lelah beraktivitas. Mereka yang kurang tidur atau bergadang sama saja mendzolimi badannya sendiri.

Daftar isi artikel :

Agama Islam pun sudah mengatur waktu tidur umatnya. Sebagaimana yang Rasullullah ajarkan. Meski begitu, Rasulullah menyampaikan ada waktu yang hendaknya dihindarkan untuk tidur.

Setelah Sholat Subuh

Setelah Subuh, Rasulullah biasa berdzikir hingga tiba waktu syuruq (matahari terbit). Bagi umatnya, dianjurkan pula seperti itu.

Tidur di pagi hari juga mampu menghalangi rezeki seseorang. Sebagaimana Ibnu Qayyim Al Jauziyah mengatakan: “Empat hal yang menghalangi datangnya rezeki adalah tidur di waktu pagi, sedikit shalat, malas-malasan, dan berkhianat.”

Setelah Sholat Ashar

Sebenarnya tidak ada hadist shahih terkait larangan tidur setelah sholat Ashar. Namun sebaiknya tidak dilakukan karena dikhawatirkan keterusan hingga menjelang Magrib.

Selain itu, dampak tidur sore bagi kesehatan diantaranya bisa membuat tubuh lesu, gangguan daya ingat, dan berbahaya bagi kadar kolesterol tubuh.

Sebelum Sholat Isya

Diriwayatkan dari Abu Barzah radlyallaahu ‘anhu : ”Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam membenci tidur sebelum shalat Isya dan mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari 568 dan Muslim 647).

Jadi tidur sebelum shalat Isya dan mengobrol setelahnya sebaiknya dihindarkan. Seseorang bisa memilih tidur lebih awal setelah Isya sehingga bisa bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan sholat sunnah Tahajud.

Setelah Makan

Nabi Muhammad, SAW pernah bersabda : "Janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras” (HR Abbu Nua’im, dari Aisyah, ra).

Menurut penelitian, tidur setelah makan dapat meningkatkan risiko mengalami serangan stroke. Stroke bisa terjadi disebabkan oleh kerasnya kerja sistem pencernaan yang berdampak pada meningkatnya tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol yang nantinya bisa memicu terjadinya stroke.

Sepanjang Hari

Rasulullah sollallaahu alaihi wasallam telah memberikan isyarat tentang banyaknya tidur adalah gangguan syaitan, sebagaimana tersebut dalam sabda beliau yang bersumber dari Ibnu Masud.

Ibnu Mas'ud berkata: "diceritakan (Allah) kepada Nabi Muhammad SAW tentang seseorang yang tidur hingga Subuh (waktu Fajar Pagi), Sabda Baginda Nabi : "Itulah orang lelaki yang dikencingi oleh syaitan pada kedua telinganya" (HR Bukhari dan Muslim) (As-Syaikhan).

Artikel Terkait :

Tidur terlalu lama (oversleeping) bisa jadi pertanda hadirnya gangguan yang berhubungan dengan sejumlah penyakit baik fisik maupun mental seperti depresi. Beberapa riset mencatat bahwa oversleeping berkaitan dengan problem kesehatan termasuk diabetes, penyakit jantung dan bahkan peningkatan risiko kematian.

Wallahu a'lam
Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utam…

Posting Komentar

Pergunakanlah kecerdasan anda saat berkomentar, dan tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, menuliskan link aktif yang tidak sesuai topik yang kami posting akan langsung kami hapus atau kami anggap sebagai spam.
Masukkan URL Gambar atau URL Video atau Potongan Kode atau Quote lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image video quote pre code