Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Biografi Maulana Ali Akbar, Ahli Pengobatan Islam yang Bersemayam di Gunung Santri

Biografi Maulana Ali Akbar, Ahli Pengobatan Islam yang Bersemayam di Gunung Santri
Biografi Maulana Ali Akbar Makam Gunung Santri

Nasab Maulana Ali Akbar

Maulana Muhammad Ali Akbar bin Ali bin Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin Abdul Karim Al-Jilli bin Abdur Razzaq bin Syaikh Abdul Qadir Al-Jilaniy bin Abu Salih Musa Jangi Dost bin 'Abdu'llah bin Yahya az-Zahid bin Muhammad bin Dawud bin Musa bin 'Abdu'llah bin Musa al-Jawn bin 'Abdu'llah al-Mahdi bin al- Hasan al-Mutsanna bin Imam al-Hasan bin Sayyidah Fathimah Az-Zahrah binti Nabi Muhammad saw.

Ajaran Ishlah Khomsah

Maulana Muhammad Ali Akbar berdakwah di daerah Cilegon, Provinsi Jawa Barat, bersabahat Akrab dengan Maulana Malik Isroil. Beliau Maulana Muhammad Ali Akbar memiliki keahlian di bidang kedokteran Islam, bidang Farmakologi Islam. Kehadiran beliau masyarakat Cilegon sampai Cirebon dan sekitarnya berduyun-duyun masuk Islam. Atas sopan, ramah, santun dan banyak membantu mengobati masyarakat setempat yang sakit dengan izin Allah. Siar yang disampaikan oleh Maulana Muhammad Ali Akbar yang dikenal dengan ajaran Ishlah Khamsah;
  1. Ishlah Billah [Berdamai dengan Allah]. Maksudnya selalu menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangannya.
  2. Ishlah bir Rasulillah [Berdamai dengan Rasulillah]. Maksudnya selalu setia kepada Nabi Muhammad saw, dan ahlulbaitnya, serta para shahabatnya, serta mendalami dan menjalankan sunnah darinya.
  3. Ishlah bil Muslimin [Berdamai dengan Kaum Muslimin]. Maksudnya selalu menjaga silaturrahmi dan ukhwah Islamiyyah antar sesama kaum muslimin.
  4. Ishlah bil ‘Âlamîn [Berdamai dengan alam semesta]. Maksudnya menjaga kelestarian alam semesta dan lingkungannya.
  5. Ishlah bin Nafsi [Berdamai dengan diri sendiri]. Maksudnya merasakan ketenangan, ketentraman dan menjaga pikiran kemauan dan tubuh ini

Kitab Kedokteran

Maulana Muhammad Ali Akbar mengatakan bahwa penyebab dari semua penyakit disebabkan terlalu banyak angan-angan, dan kurangnya bersandar kepada Allah SWT. Syech Maulana Muhammad Ali Akbar semasa hidupnya mengajarkan kitab Thibb an-Nabawi dan mempraktekkannya dalam dakwah Islam sehari-hari.

Wafat

Syech Maulana Muhammad Ali Akbar Wafat pada tahun 1435 M, dimakamkan di Gunung Santri, Cilegon, antara Serang-Merak, Jawa Barat.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Biografi Maulana Ali Akbar, Ahli Pengobatan Islam yang Bersemayam di Gunung Santri, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.