Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Adab Berdoa dari Kitab Minhajul Arifin Karya Imam Al Ghozzali

Adab Berdo'a dari Kitab Minhajul 'Arifin Karya Imam Al-Ghozzali
Adab Berdo'a dari Kitab Minhajul 'Arifin Karya Imam Al-Ghozzali

الدعاء
واحفظ آداب الدعاء, وانظر من تدعو وكيف تدعو ولماذا تدعو ولماذا تسأل, والدعاء استجابة الكل منك للحق وإن لم تأت بشرط الدعاء فلا تشترط الإجابة. قال مالك بن دينار: أنتم تستبطئون المطر وأنا أستبطئ الحجر ولو يأمر الله سبحانه بالدعاء لوجب علينا أن ندعوه ولو لم يشترط لنا الإجابة لكنا إذا أخلصنا له الدعاء تفضل بالإجابة. فكيف وقد ضمن ذلك لمن أتى بشرط الدعاء قال الله تعالى {قل ما يعبأ بكم ربي لولا دعاؤكم}, وقوله تعالى {أدعوني أستجيب لكم}.
Hendaklah anda pelihara adab-adab berdoa, perhatikanlah kepada siapa anda tujukan doa anda? Bagaimana cara anda berdoa? mengapa anda berdoa? untuk apa sebetulnya anda memohon?

Doa adalah segenap permohonan jiwa dan raga anda kepada Al-Haqq, apabila anda tidak memenuhi syarat-syarat berdoa, tidak akan ada kepastian bahwa doa anda akan dikabulkan.

وسئل أبو يزيد البسطامى عن اسم الله الأعظم فقال: (فرغ قلبك من غيره وادعه بأي أسمائه شئت.(
وقال يحي بن معاذ: (اطلب صاحب الاسم.(
وقال رسول الله (صلي الله عليه): "لايستجيب الله الدعاء من قلب لاه فإذا أخلصت فأبشر بإحدى ثلاث:
إما أن يعجل لك ماسألت, وإما أن يدخر لك ماهو أعظم منه, وإما أن يصرف عنك من البلاء ما لو صبه عليك لهلكت, وادع دعاء مستجير لادعاء مشير".
Abu Yazid al bustami pernah ditanyai tentang nama Allah yang paling Agung, beliau menjawab:
"Kosongkanlah kalbu anda dari selain-Nya, lalu berdoalah dengan menyebut nama-Nya yang mana saja yang anda sukai."
Yahya bin mu'adz berkata:
"Mintalah kepada pemilik nama itu."

Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda:
"Allah tidak memperkenankan doa dari hati yang lalai, jika kamu mengikhlaskannya, maka bergembiralah dengan salah satu dari 3 hal berikut:
  1. disegerakan untukmu apa yang kamu minta.
  2. disimpan untukmu apa yang lebih besar daripada yang kamu minta.
  3. dipalingkan darimu bencana, yang apabila menimpamu pasti kamu binasa.
berdoalah dengan doa orang yg meminta perlindungan, bukan doa pemberi nasehat"

وروى عن رسول الله (صلي الله عليه وسلم) أنه قال: "قال الله تبارك وتعالى من شغله ذكرى عن مسألتي أعطيته أفضل ما أعطي السائلين".
وقال أبو الحسين الوراق: دعوت الله مرة فاستجاب دعائي, فنسيت الحاجة. فاحفظ حق الله عز وجل عليك في الدعاء ولا تشتغل بحظك فإنه أعلم بمصلحتك
Diriwayatkan dari Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam bahwa beliau bersabda:
"Allah berfirman 'barang siap yang dzikirnya kepada-Ku menyebabkan ia lupa untuk memohon kepada-Ku, Aku akan memberinya sesuatu yang lebih besar daripada apa-apa yang Aku berikan kepada orang-orang yang memohon kepada-Ku."

Abul Husain Al Warroq berkata:
"Aku berdoa kepada Allah satu kali, Dia mengabulkan doaku sehingga aku lupa terhadap hajatku."

Oleh karena itu, hendaklah anda pelihara hak Allah Azza Wa Jalla atas anda ketika anda berdoa, janganlah menyibukkan diri dengan meminta kebaikan bagi diri anda, sebab Dia Maha Mengetahui apa-apa yang baik untuk anda."

Wallohu A'lam...

Artikel Terkait:

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Adab Berdoa dari Kitab Minhajul Arifin Karya Imam Al Ghozzali, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.