Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari Bergabung

Hukumnya Wajib Menjawab Titipan Salam atau Salam Via WA

Wajib Hukumnya Menjawab SEGERA! Bila Mendapat Titipan Salam bahkan Salam melalui WA
Wajib Hukumnya Menjawab SEGERA! Bila Mendapat Titipan Salam bahkan Salam melalui WA
Wajib Hukumnya Menjawab SEGERA! Bila Mendapat Titipan Salam bahkan Salam melalui WA

Menitip salam pada orang lain bukan sebatas budaya di masyarakat, tapi lebih dari itu, ia juga merupakan bagian dari norma-norma yang diatur secara khusus dalam syariat. Di dalam menitip salam terkandung kewajiban menyampaikan amanah.

Hal ini misalnya seperti yang disampaikan oleh Imam an-Nawawi:

ูŠุณู† ุจุนุซ ุงู„ุณู„ุงู… ุฅู„ู‰ ู…ู† ุบุงุจ ุนู†ู‡ ูˆููŠู‡ ุฃุญุงุฏูŠุซ ุตุญูŠุญุฉ ูˆูŠู„ุฒู… ุงู„ุฑุณูˆู„ ุชุจู„ูŠุบู‡ ู„ุฃู†ู‡ ุฃู…ุงู†ุฉ ูˆู‚ุฏ ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ (ุฅู† ุงู„ู„ู‡ ูŠุฃู…ุฑูƒู… ุฃู† ุชุคุฏูˆุง ุงู„ุฃู…ุงู†ุงุช ุฅู„ูŠ ุฃู‡ู„ู‡ุง)

“Disunnahkan mengirim salam pada orang yang jauh. Dalam hal ini terdapat beberapa hadits sahih, dan wajib bagi orang yang dititipi salam untuk menyampaikannya, sebab hal ini merupakan sebuah amanah. Allah telah berfirman: ‘Sungguh Allah memerintahkan kalian untuk menyampaikan amanah terhadap yang berhak menerimanya’,” (Syekh Yahya bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu’ ala Syarh al-Muhadzab, juz 4, hal. 594).

Selain adanya kewajiban menyampaikan titipan salam dari orang lain, wajib pula menjawab salam yang ditujukan kepadanya, baik melalui pesan salam yang dititipkan oleh orang lain ataupun melalui tulisan kertas yang berisi salam yang ditujukan kepadanya.

Seperti yang dijelaskan dalam kitab al-Adzkar an-Nawawiyah:

ูˆู‡ุฐุง ุงู„ุฑุฏ ูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ููˆุฑ ูˆูƒุฐุง ู„ูˆ ุจู„ุบู‡ ุณู„ุงู… ูู‰ ูˆุฑู‚ุฉ ู…ู† ุบุงุฆุจ ูˆุฌุจ ุนู„ูŠู‡ ุงู† ูŠุฑุฏ ุงู„ุณู„ุงู… ุจุงู„ู„ูุธ ุนู„ู‰ ุงู„ููˆุฑ ุฅุฐุง ู‚ุฑุฃู‡ ุงู‡ู€

"Menjawab titipan salam ini wajib dilakukan secepatnya. Begitu juga wajib menjawab salam saat datang pada seseorang sebuah tulisan salam di kertas dari orang yang jauh, wajib baginya untuk menjawab salam tersebut secepatnya tatkala ia membacanya," (Syekh Yahya bin Syaraf an-Nawawi, Al-adzkaar an-Nawawiyah, juz 2, hal. 29).

Sama halnya seperti kertas, pesan yang berisi salam yang ditujukan secara khusus pada seseorang melalui Whatsapp, SMS, email, serta aplikasi atau media sosial lainnya bisa dipastikan termasuk dalam cakupan referensi di atas, sehingga wajib untuk dijawab.

Lalu hal yang mesti dipertanyakan, sebenarnya bagaimanakah kategori salam yang wajib untuk dijawab tersebut? Apakah semua jenis salam dalam berbagai bentuk lafalnya bisa disebut sebagai salam yang wajib untuk dijawab?

Para ulama memberikan ketentuan bahwa titipan salam wajib dijawab ketika salah satu dari dua hal ada.

  1. Pertama, lafal salam disampaikan secara benar oleh orang yang dititipi salam (ar-rasรปl). Misalnya dengan mengatakan “Fulan mengucapkan Assalamualaikum kepadamu” maka salam demikian wajib untuk dijawab secepatnya oleh si penerima.
  2. Kedua, orang yang menitipkan salam (al-mursil) mengucapkan lafal salam secara benar kepada orang dititipi salam, misalnya dengan mengatakan “Sampaikan kata Assalamualaikum kepada zaid dariku” maka tatkala salam ini disampaikan kepada zaid, wajib baginya untuk menjawab salam tersebut.

Ketentuan demikian seperti yang dijelaskan dalam kitab Bughyah al-Mustarsyidin:

ูุฑุน : ุฅุฐุง ุฃุฑุณู„ ุงู„ุณู„ุงู… ู…ุน ุบูŠุฑู‡ ุฅู„ู‰ ุขุฎุฑ ، ูุฅู† ู‚ุงู„ : ุณู„ู… ู„ูŠ ุนู„ู‰ ูู„ุงู† ، ูู‚ุงู„ ุงู„ุฑุณูˆู„ : ูู„ุงู† ูŠู‚ูˆู„ : ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒ ุฃูˆ ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒ ู…ู† ูู„ุงู† ูˆุฌุจ ุงู„ุฑุฏ ، ูˆุญุงุตู„ ุฐู„ูƒ ุฃู†ู‡ ู„ุง ุจุฏ ููŠ ุงู„ุงุนุชุฏุงุฏ ุจู‡ ู„ูˆุฌูˆุจ ุงู„ุฑุฏ ู…ู† ุตูŠุบุฉ ู…ู† ุงู„ู…ุฑุณู„ ุฃูˆ ุงู„ุฑุณูˆู„ ، ูู„ูˆ ู‚ุงู„ ุงู„ู…ุฑุณู„ : ุณู„ู… ู„ูŠ ุนู„ู‰ ูู„ุงู† ، ูู‚ุงู„ ุงู„ุฑุณูˆู„ ู„ูู„ุงู† : ุฒูŠุฏ ูŠุณู„ู… ุนู„ูŠูƒ ، ูู„ุง ุงุนุชุฏุงุฏ ุจู‡ ูˆู„ุง ูŠุฌุจ ุจู‡ ุงู„ุฑุฏ ، ู†ู‚ู„ู‡ (ู… ุฑ) ุนู† ูˆุงู„ุฏู‡

“Jika seseorang menitipkan salam pada seseorang untuk disampaikan pada orang lain, jika ia mengatakan: “Sampaikan salamku pada si Fulan” lalu orang yang dititipi salam (tatkala bertemu dengan si fulan) mengatakan: “Fulan mengatakan 'Assalamu Alaika' padamu” atau mengatakan 'Assalamu alaika' dari si Fulan” maka wajib untuk menjawab salamnya. Kesimpulan tentang masalah ini, bahwa penitipan salam hanya bisa dianggap dan wajib untuk dijawab ketika terdapat kata salam dari orang yang menitipkan salam atau orang yang dititipi salam. Jika orang yang menitipkan salam berkata: “Sampaikan salamku untuk fulan” lalu orang yang dititipi salam berkata: “Zaid menyalamimu” maka salam yang dititipkan tersebut tidak dianggap dan tidak wajib untuk dijawab” (Abdurrahman bin Muhammad Ba’lawi, Bughyah al-Mustarsyidin, Hal. 540)


Maka dengan demikian dapat dipahami bahwa titipan salam yang sebatas bahasa keakraban atau sekadar basa-basi, tanpa menyebutkan lafal salam secara benar tidak wajib untuk dijawab, seperti dengan ucapan “Titip salam buat orang tuamu ya” atau “Kamu dapat salam dari si fulan”. Namun bukanlah hal yang dipersoalkan jika titipan salam dengan bahasa keakraban tersebut dijawab dengan kata “Wa’alaikumussalam” meskipun hal tersebut bukanlah hal yang diwajibkan.

Wallahu a’lam.

Sumber: Titipan Salam atau Salam via WA, Kapan Wajib Dijawab?

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang …

Posting Komentar

Pergunakanlah kecerdasan anda saat berkomentar, dan tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, menuliskan link aktif yang tidak sesuai topik yang kami posting akan langsung kami hapus atau kami anggap sebagai spam.
Masukkan URL Gambar atau URL Video atau Potongan Kode atau Quote lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image video quote pre code