Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari Bergabung

Begini Cara Menjawab Titipan Salam Sesuai Hadist Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Dapat Titipan Salam? Begini Cara Menjawabnya
Cara Menjawab Titipan Salam Sesuai Hadist Tuntunan Nabi Muhammad SAW
Cara Menjawab Titipan Salam Sesuai Hadist Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Beberapa dari kita paling tidak pernah mendapatkan titipan salam, baik dari teman, kerabat, kenalan, dan lainnya. Hal ini biasanya dilakukan jika tidak bisa bertemu langsung dengan seseorang karena jarak atau tempat yang berbeda atau ada kendala untuk bertemu.

Dalam pergaulan sehari-hari kita sering mendapatkan titipan salam dari kerabat atau teman yang jauh. Hal ini dianjurkan dalam islam, untuk mempererat tali silaturrahmi dan menambah rasa kasih sayang, dan orang yang dititipkan salam tersebut wajib menyampaikannya.

Pernahkah kita sebagai seseorang yang mendapat titipan salam itu menjawabnya dengan kata-kata, “salam balik ya.” Bagaimana seharusnya kita menjawab titipan salam dari orang lain?

Perilaku menjawab salam telah dicontohkan oleh dua istri Nabi shollallohu alaihi wa sallam, Sayyidatina Khodijah dan Sayyidatina Aisyah Rodhiyallohu 'Anhuma, dan Nabi Muhammad SAW mentaqrir (menyetujui) mereka berdua.

Sayyidatina Khodijah Rodhiyallohu 'Anha. dari Sohabat Anas Rodhiyallohu 'Anhu ia berkata:

ุฌุงุก ุฌุจุฑูŠู„ ุฅู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆุนู†ุฏู‡ ุฎุฏูŠุฌุฉ ู‚ุงู„: ุฅู† ุงู„ู„ู‡ ูŠู‚ุฑุฆ ุฎุฏูŠุฌุฉ ุงู„ุณู„ุงู…, ูู‚ุงู„ุช: ุฅู† ุงู„ู„ู‡ ู‡ูˆ ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุนู„ู‰ ุฌุจุฑูŠู„ ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุนู„ูŠูƒ ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡

“Malaikat Jibril datang kepada Nabi Shollallohu 'Alaihi wa Sallam dan ada Sayyidatina Khodijah di sisi Nabi, Malaikat Jibril berkata: “Alloh menyampaikan salam untuk Khodijah.” Khodijah berkata: “Sesungguhnya Alloh-lah As-Salam, dan as-salam atas Jibril dan engkau wa rohmatulloh.” (HR Imam Hakim (3/4856, Imam Nasa’i 7/8301)

Dari Sayyidatina Aisyah rodhiyallohu 'anha, bahwa Nabi Muhammad Shollallahu 'Alaihi wa Sallam berkata kepadanya:

ูŠุง ุนุงุฆุดุฉ، ู‡ุฐุง ุฌุจุฑูŠู„ ูŠู‚ุฑุฃ ุนู„ูŠูƒ ุงู„ุณู„ุงู…، ูู‚ุงู„ุช: ูˆุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡، ุชุฑู‰ ู…ุงู„ุง ุฃุฑู‰ – ุชุฑูŠุฏ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…

“Wahai Aisyah, ini Jibril menyampaikan salam kepadamu.” Aisyah menjawab: “wa ‘alaihis salaam wa rohmatulloh wa barokaatuh, Engkau (Nabi) melihat apa yang tidak aku lihat.” (HR Imam Al Bukhari (3217) dan Sunan Ad darimi (2680).

Akan tetapi ada tambahan pada Musnad Imam Ahmad (24857) dari Aisyah rodhiyallohu anha, ia berkata: aku jawab:

ุนู„ูŠูƒ ูˆุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

"Ngalaika wa 'Alaihis Salaam wa Rohmatulloh wa Barokaatuh”.

Dan yang demikian berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud (5231), Ahmad (23104) dan Nasa’i dalam As Sunan Al Kubra (10133) “Bab: apa yang dikatakan jika dikatakan kepadanya: Sesungguhnya si Fulan menyampaikan salam kepadamu”.

Dan dari hadits seseorang dari Bani Numair dari Ayahnya dari Kakeknya bahwa ia mendatangi Nabi shallallahu alaihi wa sallam lalu ia berkata:

ุฅู† ุฃุจูŠ ูŠู‚ุฑุฃ ุนู„ูŠูƒ ุงู„ุณู„ุงู…, ู‚ุงู„: ุนู„ูŠูƒ ูˆุนู„ู‰ ุฃุจูŠูƒ ุงู„ุณู„ุงู…

“Sesungguhnya ayahku menyampaikan salam kepadamu”, Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjawab: “‘Alaika wa ‘ala abika as-salaam”.

Berbeda dalam kitab sab’ah kutub mufidah hal.131 karya Al-Habib Alwi bin Ahmad Assegaf disebutkan:

ุณู† ู„ุดุฎุต ุฅุฑุณุงู„ ุงู„ุณู„ุงู… ุฅู„ู‰ ุบุงุฆุจ ุนู†ู‡ ูŠุดุฑุน ู„ู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ุจุฑุณูˆู„ ุฃูˆ ูƒุชุงุจ, ูˆูŠุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุชุจู„ูŠุบ ู„ู„ุบุงุฆุจ ูˆู„ุฉ ุจุนุฏ ู…ุฏุฉ ุทูˆูŠู„ุฉ ุจุฃู† ู†ุณู‰ ุฐู„ูƒ ุซู… ุชุฐูƒุฑ ู„ุฃู†ู‡ ุฃู…ุงู†ุฉ

“Disunnahkan seseorang menyampaikan salam pada seseorang melalui utusan / tulisan, dan utusan wajib menyampaikan pada orang yang dimaksud walaupun lupa diwaktu yang lama, jika ingat tetap wajib menyampaikan, karena itu amanah.”

Orang yang dikirimi salam bisa menjawab:

ุนู„ูŠูƒ ูˆ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู…

“Salam juga untukmu dan untuknya.”

Namun, dalam literature fiqih yang lain yaitu dalam kitab bughyah al-mustarsyidin hal.540 karya Al-Habib Abdurrahman Al-Masyhur Ba’lawi disebutkan bahwa (kesimpulannya): Misalkan ada orang nitip salam bilang “sampaikan salamku pada fulan ya,” lalu si utusan itu menyampaikan pada orang yang dimaksud dengan kalimat “fulan menyampaikan Assalamualaikum padamu” maka, si penerima salam wajib menjawab salam dengan kalimat “Waalaikumussalam,” karena bentuk kalimatnya berupa salam yang memang wajib dijawab.

Namun jika si utusan menyampaikan dengan kalimat “fulan kirim salam padamu / salam dari fulan” maka kata pengarang kitab tersebut :

ูู„ุง ุงุนุชุฏุงุฏ ูˆู„ุง ูŠุฌุจ ุจู‡ ุงู„ุฑุฏ

Salam yang dititipkan tidak dianggap dan tidak wajib dijawab.

Karena kalimat “titip salam” itu dikalangan kita (terkadang) adalah kalimat basa-basi / untuk keakraban saja, sehingga tidak wajib menjawabnya.

Namun, jika tetap menjawabnya dengan :

ูˆุนู„ูŠูƒู… ุงู„ุณู„ุงู… / ุนู„ูŠูƒ ูˆ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู…

maka tidak masalah.


Kesimpulannya adalah ketika seseorang menyampaikan titipan salam dari seseorang kita boleh menjawab salam dengan “‘Alaika wa’ala abika as-salaam” atau “‘Alaika wa ‘alaihis salaam” atau ”Alaika wa ‘alaihis salam warahmatullah wa barakatuh”.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, akan tetapi yang …

Posting Komentar

Pergunakanlah kecerdasan anda saat berkomentar, dan tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, menuliskan link aktif yang tidak sesuai topik yang kami posting akan langsung kami hapus atau kami anggap sebagai spam.
Masukkan URL Gambar atau URL Video atau Potongan Kode atau Quote lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image video quote pre code