Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

8 Jenis Rezeki dari Alloh SWT Berdasarkan Al-Quran

Inilah Jaminan 8 Jenis Rezeki yang Telah Alloh Janjikan Dalam Al-Quran
8 Jenis Rezeki dari Alloh SWT Berdasarkan Al-Quran
8 Jenis Rezeki yang Telah Alloh Janjikan Dalam Al-Quran

Tidak ada satupun makhluk yang hidup di muka bumi ini, kecuali telah Allah jamin rezekinya. Yang perlu diketahui dan digaris bawahi ialah, rezeki tidak melulu soal materi atau uang. Rezeki juga dapat berupa iman dan takwa, kesehatan, umur panjang, kebahagiaan, dan keluarga.

Karena setiap makhluk telah Allah beri dan Allah janjikan rezeki dalam hidupnya, maka janganlah kalian sebagai umat muslim merasa khawatir dan gelisah tidak kebagian rezeki.

Namun, manusia sebagai orang yang berakal dan memiliki pikiran, hendaknya tetap berusaha mencari dan menjemput rezeki disertai dengan rasa syukur dan keyakinan penuh jika Allah pasti memberikan rezeki dari pintu yang tidak disangka-sangka.

Inilah 8 Jenis Rezeki dari Alloh SWT berdasarkan Al-Qur'an

Rezeki Yang Telah Dijamin

Alloh SWT berfirman dalam Surah Hud ayat 6 yang bunyinya sebagai berikut:

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

"Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin ALLOH rezekinya." (QS. Hud : 6).


Rezeki Karena Usaha

Alloh berfirman dalam Surah An Najm ayat 39-41 yang bunyinya sebagai berikut:

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ وَأَنَّ سَعْيَهُۥ سَوْفَ يُرَىٰ ثُمَّ يُجْزَىٰهُ ٱلْجَزَآءَ ٱلْأَوْفَىٰ

"Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna". (QS. An-Najm : 39).


Rezeki Karena Bersyukur

Alloh berfirman dalam Surah Ibrohim ayat 7 yang bunyinya sebagai berikut:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS. Ibrohim : 7).


Rezeki Tak Terduga

Rezeki karena bertakwa kepada Alloh SWT dan tidak terduga terdapat dalam Surat At-Tholaq ayat 3 sebagai berikut:

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًامَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا( ) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

"Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka nya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Alloh niscaya Alloh akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Alloh telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu". (QS. At-Tholaq : 3).


Rezeki Karena Istighfar

Alloh berfirman dalam Surat Nuh ayat 10-12 yang bunyinya sebagai berikut:

فَقُلْتُ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا وَيُمْدِدْكُم بِأَمْوَٰلٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّٰتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَٰرًا

"Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai". (QS. Nuh ayat 10-12).


Rezeki Karena Menikah

Dalam Al-Quran Surah An-Nur ayat 32, Alloh Subhanahu wa ta'ala berfirman bahwa rezeki akan datang ketika seorang hamba menikah,

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui". (QS. An-Nur ayat 32).


Rezeki Karena Anak

Dalam Surah Al Isro ayat 31, Alloh Subhanahu wa ta'ala berfirman sebagai berikut:

وَلَاتَقْتُلُوْٓا اَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ اِمْلَاقٍۗ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَاِيَّاكُمْۗ اِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْـًٔا كَبِيْرًا

"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar." (QS. Al Israa ayat 31).


Rezeki Karena Sedekah

Alloh Subhanahu wa ta'ala telah berfirman dalam Surah Al-Baqoroh ayat 245 sebagai berikut:

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Alloh, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Alloh), maka Alloh akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Alloh menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan". (QS. Al-Baqoroh ayat 245).


Demikianlah pembahasan artikel ini tentang 8 jenis rezeki yang Alloh Subhanahu wa ta'ala janjikan kepada hamba-Nya dalam Al-Quran.

Wallohu A'lam.

Semoga Bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: 8 Jenis Rezeki dari Alloh SWT Berdasarkan Al-Quran, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.