Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Biografi Singkat Gus Miftah – Miftah Maulana Habiburrahman

Biografi Singkat Gus Miftah – Miftah Maulana Habiburrahman
Biografi Singkat Gus Miftah – Miftah Maulana Habiburrahman

Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan Gus Miftah (lahir di Lampung, 05 Agustus 1981; usia 38 tahun) ialah seorang ulama, da’i, dan pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta. Gus Miftah pun dikenal sebagai ulama muda Nahdlatul ‘Ulama yang konsentrasi berdakwah untuk kaum marjinal, baik melewati dakwah di dalam maupun di luar pesantren. Namanya mulai diperbincangkan publik saat video dirinya viral saat menyerahkan pengajian di di antara kelab malam di Bali.

Dakwah Kaum Marjinal

Perjalanan dakwah Gus Miftah, kyai asal Ponorogo kelahiran Lampung ini dibuka saat usianya masih 21 tahun. Pada selama tahun 2000-an, Gus Miftah yang tidak jarang salat tahajud di suatu musala selama Sarkem, suatu area lokalisasi di Yogyakarta, lantas berniatan berdakwah. Saat tersebut ia ditemani Gunardi atau Gun Jack sosok yang menjadi penguasa pada ketika itu.

Bermula dari pekerjaan tersebut, kajian agama mulai rutin dilangsungkan oleh Gus Miftah. Meski tadinya banyak tantangan, tapi ketika ini sebanyak pekerja dunia malam telah menerima kehadirannya. Tidak jarang, saat pengajian sebanyak jemaah meneteskan air mata dan mulai merubah perilakunya secara perlahan.

Perjalanan dakwah Gus Miftah lantas berlanjut ke kelab malam dan pun salon plus-plus. Awalnya ia masuk lantaran mendapati keluh kesah semua pekerja dunia malam yang kendala mendapat akses kajian agama. Ketika berkeinginan mengaji di luar mereka menyatakan menjadi bahan pergunjingan. Sebaliknya di lokasi kerjanya tidak terdapat kajian agama yang dapat didapatkan.

Berbeda dengan dulu ketika mendapat penolakan ketika berkeinginan memberi kajian, kini tidak sedikit pekerja malam yang merasa perlu untuk mendapat pengajian. Tidak jarang beberapa tidak sedikit pekerja malam lantas berhijrah menjadi lebih baik. Sejak lima tahun terakhir tahapannya pun didukung oleh Maulana Habib Luthfi bin Yahya asal Pekalongan.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Biografi Singkat Gus Miftah – Miftah Maulana Habiburrahman, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.