Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

5 Nabi Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi dan Mukjizatnya

5 Nabi Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi dan Mukjizatnya

Nama-nama nabi yang juga sekaligus rasul yang wajib untuk diketahui adalah berjumlah 25 orang. Tetapi dari sekian banyak nabi dan rasul yang mendapatkan gelar ulul azmi hanyalah berjumlah 5 orang saja. Nabi yang mendapat gelar ulul azmi memiliki keteguhan hati yang mengagumkan, sabar dan kesabarannya tidak terbatas. Tabah luar biasa walaupun mereka memperoleh berbagai macam hinaan dan celaan, tantangan yang menyakitkan. Tetapi mereka tetap sabar teguh dan selalu bertawakal untuk menyampaikan ajaran kepada manusia.

Di antara 5 nabi yang mendapat gelar ulul azmi mereka adalah Rasulullah Muhammad SAW, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, Nambi Nuh AS. Dibawah ini akan kami sampaikan apa saja mukjizat nabi yang memiliki gelar ulul azmi itu.

5 Nabi Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi

1. Nabi Muhammad SAW dan Mukjizatnya
Diantara mukjizat nabi yang mendapat gelar ulul azmi, nabi Muhammad merupakan Nabi dan Rasul yang menerima mukjizat paling banyak. Mulai dari sebelum dan sesudah kelahiran sampai dengan akhir hidupnya. Ada yang mengatakan bahwa mukjizat nabi Muhammad SAW yang pertama adalah terdapat pada kepribadian serta pemikiran beliau. Inilah yang menjadikan mukjizatnya yang terbesar sesudah Al Quran. Di mana beliau bisa menahan penderitaan di jalan Allah. Hal inilah yang menjadi bangunan rohani yang begitu tinggi.
Beliau memperoleh julukan ulul azmi sebab sejak kelahirannya Rasulullah selalu mengalami masa sulit. Pada usia 6 tahun dirinya sudah yatim piatu. Setelah dewasa harus membantu meringankan beban paman yang merawatnya sejak kecil. Tantangan paling berat dihadapi ketika beliau sudah diangkat menjadi Rasul dan masih banyak lagi kesabaran serta masa sulit yang dihadapi nabi Muhammad SAW semasa hidupnya.

2. Nabi Ibrahim AS dan Mukjizatnya
Nabi ibrahim merupakan keturunan Sam bin Nuh. Diangkat menjadi nabi pada tahun 1950 Sebelum Masehi. Nabi Ibrahim sendiri merupakan nabi yang memperoleh gelar ulul azmi karena memiliki kesabaran yang tinggi. Sejak bayi, nabi Ibrahim sudah diasingkan ke gua karena perintah raja Namrud untuk membunuh semua bayi laki-laki yang baru lahir. Ssetelah beliau dewasa harus berhadapan dengan raja, termasuk kedua orang tua yang merupakan pembuat berhala.
Setelah hampir 100 tahun menikah dengan Sarah ia belum dikarunia anak. Sampai istrinya meminta ia menikahi budak berkulit hitam yang bernama Hajar. Hajar pun memiliki anak yang diberi nama Ismail. Perintah yang lebih berat yang diterima ibrahim adalah ketika harus mengorbankan Ismail yang baru beranjak dewasa. Namun akhirnya Allah menggantikannya dengan seekor domba.

3. Nabi Nuh AS
Nabi Nuh mendapat gelar ulul azmi sebab kesabarannya menyebarkan agama Islam. Banyak umatnya yang tidak percaya dan menolak ajaran yang dibawa nabi Nuh. Allah murka kepada umat nabi Nuh dan diperingatkan dengan bencana banjir besar akan terjadi. Lalu Allah memerintahkan nabi Nuh membuat kapal besar. Namun banyak umatnya yang tidak percaya dan menentang, bahkan mencemooh nabi Nuh. Meski saat itu musim kemarau panjang, namun peringatan tersebut benar. Terjadilah banjir besar lalu menenggelamkan semua umat nabi Nuh yang tidak patuh pada peringatan Allah. Bahkan anak dan istri nabi Nuh sendiri juga ikut menjadi korban dalam banjir besar itu.

4. Nabi Isa AS dan Mukjizatnya
Nabi selanjutnya yang memperoleh gelar ulul azmi yaitu nabi Isa. Beliau bisa membuat seekor burung dari tanah liat, bisa berbicara ketika masih bayi. Menghidupkan orang mati, selamat dari penyaliban, mendatangkan makanan dan menyembuhkan kebutaan. Serta masih banyak lagi mukjizatnya. Bahkan salah satu mukjizat lain yang diturunkan kepada nabi Ia adalah kitab Injil sebagai pedoman umat Islam pada masanya.

5. Nabi Musa dan Mukjizatnya
Kisah nabi Musa dan Firaun ini sangat populer. Saat menyebarkan agama Islam, nabi Musa diberi tantangan oleh Firaun. Nabi Musa mempunyai mukjizat bisa membelah lautan menggunakan tongkat serta bisa membuat tongkatnya berubah menjadi ular. Tapi hal itu tak juga membuat Firaun menjadi taat. Tapi karena kegigihan serta kesabaran nabi Musa menyebarkan agama tauhid, maka nabi Musa termasuk ke dalam salah satu nabi yang mendapat gelar ulul azmi.

Tags artikel ini : Nabi yang mendapat gelar ulul azmi

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: 5 Nabi Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi dan Mukjizatnya, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.