Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Kunci Zuhud dan Biografi Al-Imam Hasan al Bashri (Kunci Tenang Menjalani Hidup)

Kunci Zuhud Al-Imam Hasan Al-Bashri
Kunci Zuhud Al-Imam Hasan Al-Bashri

Hasan Al-Bashri atau Abu Sa’id Al-Hasan ibn Abi-Al-Hasan Yasar Al-Bashri dalam jajaran mistikus muslim dikenal sebagai seorang yang memiliki sikap spiritualitas yang tinggi dan kehidupan zuhudnya yang menggugah hati menjadi referensi dan inspirasi bagi orang beriman dari masa ke masa.

Biografi Singkat Hasan Al Bashri

Beliau dilahirkan di Madinah pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 21 Hijriah (642 M). Pernah menyusu pada Ummu Salmah, isteri Rasulullah S.A.W., ketika ibunya keluar melaksanakan suruhan beliau. Hasan Al-Bashri pernah berguru kepada beberapa orang sahabat Rasul S.A.W. sehingga beliau muncul sebagai ulama terkemuka dalam peradaban Islam. Hasan Al-Bashri meninggal di Basrah, Iraq, pada 110 Hijrah (728 M).

Hasan Al-Bashri dikenal memiliki kepribadian yang santun, ramah, penuh kasih, dan bersahaja. Nasihat-nasihat spiritualnya begitu mudah menembus kedalam hati para muridnya, karena beliau memang mampu tampil sebagai contoh ideal dari semua ajarannya. Baginya, nasihat dengan perbuatan jauh lebih efektif dibandingkan nasihat dengan kata-kata.

Kunci Zuhud Hasan Al Bashri

AKU TAHU,

REZEKIKU TAK MUNGKIN DIAMBIL ORANG LAIN,

KARENANYA HATIKU TENANG.


AKU TAHU,

AMAL-AMALKU TAK MUNGKIN DILAKUKAN ORANG LAIN,

MAKA AKU SIBUKKAN DIRIKU UNTUK BERAMAL.


AKU TAHU,

ALLOH SELALU MELIHATKU,

KARENANYA AKU MALU BILA ALLOH MENDAPATIKU MELAKUKAN MAKSIAT.


AKU TAHU,

KEMATIAN MENANTIKU,

KARENANYA KU PERSIAPKAN BEKAL UNTUK BERJUMPA DENGAN ROBBKU.


(Hasan Al-Bashri)


“Kunci Zuhud” di atas, merupakan jawaban Hasan Al-Bashri ketika beliau ditanya kenapa dia selalu tenang dalam menghadapi hidup dan sibuk bekerja serta sibuk beramal. Semoga menjadi inspirasi dan penyejuk hati dalam mengarungi kehidupan dunia yang fana ini.

Sumber : https://bubuhanbanjar.wordpress.com/

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Kunci Zuhud dan Biografi Al-Imam Hasan al Bashri (Kunci Tenang Menjalani Hidup), jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.