Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Cerita Tentang Habib Sholeh bin Abdullah Al Atthas






(Habib Ahmad bin Hasan ra bercerita)



Setelah guruku Habib Sholeh bin Abdullah Al-‘Atthas, meninggal, aku tidak melihat seorang pun berada di kedudukan beliau, padahal aku telah bergaul dengan para quthb, anjab, autad dan banyak orang yang memiliki kedudukan mulia di sisi Allah. Aku tidak melihat seorang pun seperti beliau. Beliau memiliki haibah Al-Haq. Bila berada di antara keluarga Al ’Atthas, beliau menempatkan dirinya seakan beliau adalah orang yang berkedudukan paling rendah. Jika menceritakan hal-hal yang gaib beliau berkata, ”Aku melihat ini..., aku melihat itu...”, Beliau melihat dengan mata dan bashirohnya.



Majelis Habib Sholeh bin Abdullah Al ’Atthas selalu diliputi haibah (wibawa), rasa takut kepada Allah, dan hudhur. Dalam majelis beliau tidak diselenggarakan banyak ceramah, tapi hal beliau selalu menyelimuti mereka yang hadir. Semoga Allah memberi kita manfaat dengannya. Beliau banyak membaca dzikir jalalah dengan suara keras di siang maupun malam hari. Dzikir yang beliau baca menguasai hati, membuat pendengarnya lupa pada segala sesuatu di sekelilingnya. Bila beliau merasa tidak ingin memberikan wejangan kepada masyarakat, beliau mengganti ceramahnya dengan mernimpin mereka membaca dzikir jalalah dengan suara keras :



لَا اِلٰهَ اِلاَّ اللّٰه اَلْمَعْبُوْدُ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

لَا اِلٰهَ اِلاَّ اللّٰه اَلْمَوْجُوْدُ فٍيْ كُلِّ زَمَانٍ

لَا اِلٰهَ اِلاَّ اللّٰه اَلْمَذْكُوْرُ بِكُلِّ لِسَانٍ

لَا اِلٰهَ اِلاَّ اللّٰه اَلْمَعْرُوْفُ بِالْاِحْسَانٍ

لَا اِلٰهَ اِلاَّ اللّٰه كُلَّ يَوْمٍ هُوَ فِيْ شَانٍ

لَا اِلٰهَ اِلاَّ اللّٰه اَلْاَمَانَ اَلْاَمَانَ مِنْ زَوَالِ اْلاِمَانِ

يَا قَدِيْمَ اْلاِسَانِ كَمْ لَكَ عَلَيْنَا مِنْ اِحْسَانٍ اِحْسَانُكَ الْقَدِيْمُ يَا حَنَّانُ



Tidak ada Tuhan kecuali Allah yang disembah di setiap tempat.



Tidak ada Tuhan kecuali Allah yang ada di setiap zaman.



Tidak ada Tuhan kecuali Allah yang disebut setiap lisan.



Tidak ada Tuhan kecuali Allah yang dikenal dengan kebaikan.



Tidak ada Tuhan kecuali Allah yang tiap hari mengurus berbagai urusan.



Tidak ada Tuhan kecuali Allah, selamatkan...selamatkanlah (kami) dari hilangnya iman.



Wahai Tuhan yang kebaikan-Nya telah dilimpahkan sejak dahulu, betapa banyak kebaikan telah Engkau curahkan kepada kami. Kebaikan-Mu telah tercurah sejak dahulu, wahai Yang Maha Pengasih.



Dzikir itu membuat mereka yang hadir merasa hudhur, dan membuat telinga mereka mau mendengarkan semua yang beliau sampaikan. Habib Sholeh membimbing dan mengajak mereka menuju Allah dengan santun dan lemah lembut. Ceramah beliau berisi ayat ayat Quran, hadits dan nasihat yang sesuai dengan keadaan zaman. Aku tidak mendengar ada orang yang berselisih dalam majelisnya. Beliau dicintai oleh kaum khusus maupun awam.



Suatu hari Habib Sholeh bin Abdullah Al-’Atthas menyampaikan nasihat kepada masyarakat yang benar-benar awam. Beliau mengajak mereka untuk sholat. ”Orang yang rajin sholat tidak akan disiksa dengan api neraka,” kata Habib Sholeh.



Saat itu di tengah-tengah mereka ada api unggun untuk membuat kopi. Habib Sholeh menghampiri api itu, menyingkirkan cerek berisi air panas yang ada di atasnya, lalu beliau duduk bersila di atas api itu. Beliau hendak memberikan contoh yang nyata kepada mereka bahwa orang yang sholat tidak akan terbakar oleh api. Ketika bangkit, beliau tidak terluka sedikit pun.



Habib Sholeh bila dijamu dengan makanan yang tidak halal, urat urat di jari jemari beliau bergerak.





Sumber : Muhammad bin 'Awudh bin Muhammad Ba Fadhl,Tanwirul Aghlas Juz II,Kalam Habib Ahmad bin Hasan Al Atthas

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Cerita Tentang Habib Sholeh bin Abdullah Al Atthas, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.