Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Trik-Trik Setan dan Rahasia Strategi Iblis Menyesatkan Manusia serta Alasannya

Ketahuilah 9 Cara Setan Menyesatkan Manusia agar Kita Bisa Mengatasinya
Ketahuilah 9 Cara Setan Menyesatkan Manusia agar Kita Bisa Mengatasinya

Untuk menjerumuskan manusia, setan tidak serta merta datang dan memerintahkan perbuatan keburukan atau melarang perbuatan kebaikan. Setan akan pelan-pelan dan bertahap dalam menyeret manusia untuk keluar dari jalan Alloh SWT. Setan akan merayu dan menggoda mereka. Inipun tergantung kekuatan iman seseorang. Semakin kuat iman seseorang, semakin licik setan menggodanya. Karena itu, cara setan itu sangat banyak dan beragam. Alloh SWT berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ
“Wahai orang-orang yang beriman, jangan kalian ikut langkah-langkah setan.” (QS. An-Nur: 21)
Imam Ibnu Katsir menjelaskan bahwa makna “langkah-langkah” adalah jalan-jalan dan setiap maksiat adalah langkah setan.[1]

Belum lagi, setiap manusia memiliki qorin (teman) dari kalangan setan yang selalu menggodanya. Rosululloh SAW bersabda,
مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلاَّ وَقَدْ وُكِّلَ بِهِ قَرِينُهُ مِنَ الْجِنِّ
“Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.”[2]

Imam An-Nawawi mengatakan, “Dalam hadits ini terdapat peringatan keras terhadap godaan jin qorin dan bisikannya. Nabi SAW memberi tahu bahwa dia bersama kita agar kita selalu waspada sebisa mungkin.[3]

Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya, “Apa itu qorin?” Beliau menjawab, “Qorin adalah setan yang ditugaskan untuk menyesatkan manusia dengan izin Alloh l. Dia bertugas memerintahkan kemungkaran dan mencegah yang ma’ruf. Sebagaimana yang Alloh SWT firmankan yang artinya,
“Setan menjanjikan kefakiran untuk kalian dan memerintahkan kemungkaran. Sementara Alloh menjanjikan ampunan dan karunia dari-Nya. Alloh Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqoroh: 268)

Akan tetapi, jika Alloh SWT memberikan karunia kepada hamba-Nya berupa hati yang baik, jujur, tunduk kepada Alloh SWT dan mengutamakan akhirat dari pada dunia, maka Alloh SWT akan menolongnya sehingga qorinnya tidak bisa mempengaruhinya dan tidak mampu menyesatkannya.[4]
Daftar isi artikel:

Berikut ini beberapa trik yang dilakukan setan untuk menyesatkan manusia:

Tazyin, atau Kamuflase Menghiasi Perbuatan Buruk Sehingga Terlihat Baik

Setan akan menghiasi perbuatan buruk sehingga tampak baik dan sebaliknya ia menjadikan perbuatan baik terlihat buruk. Kemaksiatan akan ditampakkan oleh setan sebagai sesuatu yang menyenangkan. Sementara perbuatan baik akan ditampakkan sebagai sesuatu yang memberatkan dan melelahkan. Pada saat subuh misalnya, setan akan menggoda dengan membisikkan dalam hati, “Badan masih lelah, teruslah tidur.”

Alloh SWT berfirman yang artinya,
“Iblis berkata: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma’siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya.” (QS. Al-Hijr: 39)

Taswif, Menghasut agar Menunda Bertobat atau Perbuatan Baik

Menunda-nunda kebaikan dan sekedar berangan-angan tanpa realisasi, adalah pangkal kebangkrutan. Ibnul Qoyyim ra berkata,
إن المنى رأس أموال المفاليس
“Sesungguhnya angan-angan (tanpa realisasi) itu adalah modal bagi orang-orang yang bangkrut.”[5]

Tahwin, Meremehkan Perbutan Dosa dan Maksiat

Manusia adalah makhluk yang lalai. Tidak hanya lalai dari mengerjakan amal kebaikan, namun juga lalai terhadap dosa-dosa. Lebih memilukan lagi jika sudah mengentengkan maksiat yang diperbuat. Seolah-olah dengan sikapnya itu, ia aman dari adzab Alloh SWT di dunia maupun di akhirat. Anas a berkata, “Sesungguhnya kalian melakukan suatu amalan dan menyangka bahwa itu lebih tipis dari rambut. Namun kami menganggapnya di masa Nabi SAW sebagai sesuatu yang membinasakan.”[6]

Seorang yang beriman sangat takut akan sebuah dosa yang dia lakukan, adapun seorang yang sering melakukan dosa sangat meremehkan dosa yang dia lakukan.

At-Taiys, Membuat Manusia Putus Asa dalam Bertaubat dan Menyulitkan Urusan Taubat

Setan akan merayu, “Taubat itu berat, membutuhkan istiqomah, dan istiqamah itu berat”, “Jika kamu bertaubat, kamu akan dimusuhi banyak orang”, “Jika kamu bertaubat, maka kamu akan kehilangan banyak teman”, dan “Taubat tidak ada artinya, karena orang-orang juga tidak mudah percaya kepadamu disebabkan masa lalumu yang kelam.” Demikian setan terus membisikkan dalam jiwa manusia.

Imam Ibnul Jauzi ra berkata,“Betapa sering terbersit di hati seorang Yahudi atau Nashrani kecintaan terhadap Islam. Namun Iblis senantiasa mengahalang-halanginya dan membisikkan ke hati mereka, ‘Jangan terburu-buru (masuk) Islam, pikirkan dengan seksama dan matang’. Sehingga mereka menunda-nundanya hingga maut datang menjemputnya dan mereka mati di atas kekafirannya. Demikian juga yang terjadi pada pelaku maksiat agar menunda-nunda taubatnya, iblis membuat mereka terhalang dari taubat melalui jalan syahwat sehingga mereka menunda-nunda taubat dan kembali kepada Alloh.”[7]

Menanamkan Sikap Pesimistis

Jika seseorang ingin bertaubat, setan akan membisikkan dalam jiwanya, “Alloh tidak menerima taubatmu karena dosamu sangat banyak” atau “Bagaimana Alloh akan menerima taubatmu sementara kamu sudah melakukan dosa ini dan itu.”.

Namun Alloh menyangkal was-was tersebut sebagaimana dalam firman-Nya yang artinya,
“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Alloh. Sesungguhnya Alloh mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az-Zumar: 53)

Menyulut Kemarahan

Salah satu senjata setan untuk membinasakan manusia adalah marah. Dengan cara ini, setan bisa dengan sangat mudah mengendalikan manusia. Karena marah, orang bisa dengan mudah mengucapkan kalimat kekafiran, menggugat takdir, ngomong jorok, mencaci habis, bahkan sampai kalimat cerai yang membubarkan rumah tangganya.

Oleh karena itu Rosululloh SAW berpesan dalam sabdanya,
لا تَغْضَبْ، وَلَكَ الْجَنَّةُ
“Janganlah kamu marah dan untukmu surga.”[8]

Memberikan Khayalan dan Memperdaya

Alloh SWT berfirman yang artinya:
“Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka.” (QS. An-Nisa’:120)

Setan dengan menebarkan berbagai janji palsu, harapan-harapan tinggi dan tak-terjangkau, membuat manusia lupa terhadap berbagai realita kesehariannya yang ada di hadapannya. Demikian juga menyibukkan manusia dengan angan-angan yang tidak dapat dicapai. Jelas bahwa hasil dari perbuatan semacam ini adalah melupakan hari kiamat dan lalai dari mengingat Alloh SWT.

Setan Mengajak Kepada Taklid (fanatisme) Buta

“Kiai-ku lebih pintar dari kamu!”, “Imamku-lah yang paling benar!”, ungkapan seperti ini sering kita dengar ketika ada nasehat disampaikan. Inilah penyakit taqlid dan fanatisme golongan yang telah lama menjangkiti umat.

Berbagai kebid’ahan tumbuh dengan subur di atas ketaqlidan dan kebodohan yang ada di tengah-tengah kaum muslimin. Hal ini juga disebabkan adanya para dajjal (pembohong besar) dari berbagai golongan (sempalan) yang mengklaim dirinya pengikut imam-imam madzhab yang telah dikenal. Padahal pengakuan mereka tersebut adalah kedustaan belaka.

Ghuluw (Bersikap Ekstrim) Dalam Beragama

Ghuluw adalah Sikap yang berlebih-lebihan di dalam agama sehingga melampaui batas yang telah ditetapkan oleh syari’at baik yang berbentuk keyakinan maupun perbuatan.

Syaikh Utsaimin ra mengatakan, “Ghuluw memiliki banyak macam. Di antaranya ghuluw dalam akidah, ghuluw dalam ibadah, ghuluw dalam muamalah (pergaulan), dan ghuluw di dalam adat. Contoh ghuluw dalam akidah adalah ghuluw ahli kalam (filsafat) yang mereka menyelami (ilmu tersebut) begitu dalamnya, sehingga terjatuh ke dalam kebinasaan yang pasti. Adapun ghuluw dalam ibadah (contohnya) seperti ghuluw Khawarij dan Mu’tazilah yang berpendapat (bahwa seseorang) keluar dari Islam apabila ibadahnya ternodai. Adapun ghuluw dalam muamalah contohnya mengharamkan perkara-perkara yang jelas halal dan melarang seseorang menambah lebih dari kewajiban-kewajibannya yang harus (dilaksanakan). Inilah bentuk ghuluw Sufi yang mengatakan bahwa barang siapa yang menyibukkan diri dengan dunia berarti bukan orang yang menginginkan akhirat. Mereka mengatakan, ‘Engkau tidak boleh membeli sesuatu lebih dari kebutuhanmu yang sangat.’ Adapun ghuluw dalam adat kebiasaan, contohnya engkau berpegang dengan sebuah adat kebiasaan yang menjadikan engkau terhalang untuk beralih kepada adat baru yang lebih baik dari adat semula, maka hal yang seperti ini adalah ghuluw yang terlarang.”[9]

Itulah beberapa trik syetan dalam menggoda dan menyesatkan manusia sehingga menjadi orang-orang yang merugi dan binasa. Hendaknya kita selalu waspada terhadap tipudaya syetan dan senantiasa berlindung kepada Alloh SWT dari kejahatannya. Wallohu a’lam Bish Showaab.

Catatan Kaki

[1] Tafsir Ibnu Katsir: 1/479.
[2] HR. Muslim: no, 7286.
[3] Syarah Shahih Muslim: 17/158.
[4] Majmu’ Fatawa: 17/427.
[5] Madarijus Salikin: 1/456.
[6] HR. Bukhari: no, 6492.
[7] Talbis Iblis: hal, 559.
[8] HR. Thabrani dan dinyatakan shahih dalam kitab shahih At-Targhib no. 2749.
[9] Al-Qaulul Mufid, 1/482, secara ringkas.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Trik-Trik Setan dan Rahasia Strategi Iblis Menyesatkan Manusia serta Alasannya, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.