Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari DISINI
{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?

Pengertian Shalat Tarawih

Pengertian Shalat Tarawih
Pengertian Shalat Tarawih

Lafaz Tarawih adalah bentuk jama’ (plural) dari kata tunggal Tarwîhah yang berarti: istirahat, santai. Menurut bahasa Arab, satu kali istirahat itu disebut “Tarwihah”, dua kali istirahat disebut “Tarwihatain” dan tiga kali istirahat atau lebih disebut dengan kata jama’ “Tarawih” artinya beberapa kali istrirahat. Oleh karena pada shalat sunat dua puluh rakaat itu dilakukan istirahat empat kali (jika istirahat tiap 2x salam) maka kaum muslimin pada ketika itu menyebut shalat itu dengan nama “Tarawih”. Mulai saat itu timbullah dalam kalangan kaum muslimin sebutan “Shalat Tarawih” dan seterusnya menjadi kata istilah dalam kitab-kitab Fiqih dan lainnya. 

Syekh Ibn Hajar al-A’sqallâniy dalam kitab Fath al-Bâriy Syarh al-Bukhâriy sebagai berikut:
“Shalat jamaah yang dilaksanakan pada setiap malam bulan Ramadhan dinamai Tarawih karena para sahabat pertama kali melaksanakannya, beristirahat pada setiap dua kali salam”.(Ahmad Ibn Ali Ibn Hajar al-A’sqallâniy, Fath al-Bâriy Syarh al-Bukhâriy, vol. 4 (Beirut: Dâr al-Fikr 2000) h. 778).

Pada setiap 4 rakaat (2 salam) melakukan istirahat, penduduk Makkah pada setiap selesai 4 rakaat tersebut, mereka melakukan Tawaf di Ka’bah. Adapun kita (bukan penduduk Makkah) pada setiap selesai 2 rakaat, dianjurkan membaca sholawat kepada Nabi, dzikir-dzikir dan membaca Taraddhi kepada Shahabat Nabi. Sedangkan setiap selesai 4 rakaat (2 salam) diiringi dengan pembacaan sholawat sholawat dan doa-doa. Walaupun  tergolong perbuatan Bid’ah, tetapi Bid’ah Hasanah (baik) yang kita diberikan pahala bila mengerjakannya. Hal ini telah dilakukan dan diajarkan oleh para ulama dan Habaib (keturunan Rasulullah) kepada kita.

KESIMPULAN: 
·           Perkataan “Tarawih” telah menjadi nama bagi shalat sunat yang dilakukan dua puluh rakaat pada malam-malam Bulan Ramadhan dengan melakukan istirahat empat kali (jika istirahat tiap 2x salam). 
·           Menyebutkan shalat delapan rakaat dengan satu kali istirahat dengan nama Tarawih adalah “SALAH NAMA”. Orang yang menyebutnya demikian tidak mengerti meletakkan kata-kata dalam bahasa arab, tidak mengerti istilah dan tidak mengetahui sejarah timbulnya nama “Tarawih”.

Wallahu A'lam ...

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Pengertian Shalat Tarawih, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama seberapa besar kita memberi manfaat kepada sesama.