Ikuti Program Tadarus di Group WhatsApp Penjaga Tradisi Sunnah, dengan periode setiap 15 hari sekali. Bergabung

Inilah 7 Olahraga yang Dianjurkan oleh Rasulullah SAW

Mengenal Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah SAW
OLAHRAGA merupakan bagian penting dari kehidupan kita, dengan berolahraga kita bisa mendapatkan tubuh yang kuat dan juga sehat. Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk rutin melakukan olahraga. Olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah salah satunya adalah berkuda.

Sebagai seorang Muslim, hendaknya memang selalu menjaga kesehatan dan melakukan hal yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah dan Rasulullah. Memulai untuk melakukan olahraga yang dianjurkan Rasulullah bisa menjadi langkah yang baik.

menjaga kesehatan adalah hal yang wajib bagi orang Islam. Terlebih hal ini sudah hadir dalam hadist yang berbunyi:“Dua kenikmatan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia adalah kesehatan dan waktu luang.” (HR. Al-Bukhari: 6412, at-Tirmidzi: 2304, Ibnu Majah: 4170).

Dalam suatu hadist, terdapat kisah dampak olahraga yang rutin dilakukan oleh Rasulullah pada fisiknya. Hadist tersebut berbunyi:

“Abu Hurairrah RA berkata, “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan daripada Rasulullah SAW. Roman mukanya cemerlang seperti matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan walaupun kami berusaha mengimbangi jalan beliau. Padahal, beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.” (HR Muslim).

Dikutip dari berbagai sumber, berikut jenis-jenis olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Anggar

Olahraga anggar pasti tidak asing lagi di telinga, namun hanya sebagian orang yang benar-benar mengenalnya. Padahal anggar sudah dikenal sejak masa Rasulullah SAW.

Anggar

“Ketika orang Habsyah sedang bermain anggar di hadapan nabi, tiba-tiba Umar masuk.kemudian mengambil kerikil dan melemparnya kepada mereka. Lalu Rasulullah SAW. Berkata kepada Umar, “biarlah mereka itu, hai umar.” (HR.Bukhari dan Muslim).”

Berkuda

Salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah dan mungkin cukup populer bagi umat muslim adalah berkuda. Melakukan olahraga berkuda, selain memiliki manfaat bagi kesehatan fisik, adanya interaksi dengan kuda juga akan meningkatkan insting dan hubungan manusia terhadap hewan, terutama hewan peliharaan.

Berkuda

Dari hadist riwayat Ahmad, menyebutkan jika Umar pernah berkata, “Ajarkanlah anak-anakmu berenang dan memanah, dan perintahkanlah mereka supaya melompat di atas punggung kuda.”

Memanah

Jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah ini merupakan olahraga yang membutuhkan ketangkasan, konsentrasi, dan juga ketepatan bidikan. Selain perlunya fisik yang sangat kuat agar dapat menarik tali busur panah tersebut, agar mampu membidik tepat sasaran juga dibutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi yang berasal dari kemampuan mengendalikan diri.

Memanah

Bahkan, ketika perang di masa Rasulullah, memanah merupakan sebuah ‘kekuatan’ yang membantu umat Islam dalam mencapai kemenangan. Kekuatan yang dimaksud tersebut dicantumkan Allah SWT dalam firmannya di Al-Quran surat Al-Anfal ayat 60, yang memiliki arti: “Dan bersiap-siaplah kamu untuk menghadapi mereka (musuh) dengan kekuatan yang kamu sanggup.”

Arti dari ‘kekuatan’ yang ada pada surat tersebut lalu ditafsirkan oleh Rasulullah yaitu: “Ketahuilah bahwa yang dimaksud ‘kekuatan’ itu adalah memanah, beliau ucapkan kata-kata itu hingga tiga kali.” (HR. Muslim).

Berenang

Berenang ternyata menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah. Memang, renang memiliki beragam manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Renang juga sangat efektif dalam membakar kalori tubuh.

Berenang

Sebuah hadist menyebutkan, dari Jabir bin Abdillah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang.” (HR. An-Nasa’i).

Jalan Cepat

Para sahabat menyebutkan jika Baginda Rasulullah sangat suka berjalan begitu cepat. Bahkan dijelaskan dalam sebuah hadist jika cara berjalan Nabi seolah-olah berjalan di jalan menurun, dan para sahabat memerlukan usaha yang susah payah untuk mengikuti langkah demi langkah Baginda Nabi. Berikut bunyi hadist tersebut:

Jalan Cepat

“Tiada satu pun kulihat lebih indah daripada Rasulullah SAW seolah-olah mentari beredar di wajahnya. Juga tiada seorang pun yang kulihat lebih cepat jalannya daripada Rasulullah SAW seolah-olah bumi ini dilipat untuknya. Sungguh, kami harus bersusah payah melakukan hal itu, sedang Rasulullah tidak memedulikannya.” (HR. Tirmidzi).

Lari

Salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah ini mungkin terbilang praktis dan sangat murah untuk dilakukan. Bahkan pada suatu ketika, Rasulullah pernah menyetujui keinginan para sahabat untuk mengadakan lomba lari. Dan, bahkan Rasulullah justru ikut dalam perlombaan tersebut bersama sang istri, yaitu Aisyah.

Lari

Dari Aisyah mengatakan apabila, “Rasulullah SAW bertanding denganku dan aku menang. Kemudian aku berhenti, sehingga ketika badanku menjadi agak gemuk, Rasulullah SAW bertanding lagi denganku dan ia menang.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Gulat

Sebagaimana halnya olahraga lari, Rasulullah SAW. Juga pernah melakukan pertandingan gulat. Rasulullah SAW. Pernah bergulat dengan Rukanah, seorang laki-laki yang terkenal kuat.

Gulat

Ulama Fikih berpendapat bahwa olahraga gulat diperbolehkan dan tidak menghilangkan kekhusyuan, kehormatan, pengetahuan, keutamaan, dan lanjutnya umur, mengingat ketika bergulat Rasulullah SAW. Sudah berumur lebih dari 50 tahun.
Baca juga :

Posting Komentar

© 2011 - elzeno.id ‧ All rights reserved. Developed by House Shine